5 Usaha Pertanian di Indonesia yang Menjanjikan

Bidang pertanian di negara ini belum dikelola secara maksimal, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya lahan kosong didaerah perkotaan maupun pedesaan yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal lahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang lebih menguntungkan. Usaha pertanian memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena kebutuhan akan bahan pokok semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di negeri ini. Ada beberapa usaha pertanian di Indonesia yang sangat menjanjikan dan menghasilkan untung yang besar, diantaranya adalah:
1. Cabai
Sebagian besar masyarakat menyukai rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai, maka tak heran jika cabai selalu hadir dalam setiap bumbu masakan. Ada beberapa jenis cabai yang beredar dipasaran seperti cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, dan cabai keriting yang memiliki nilai jual yang tinggi. Tingginya permintaan akan cabai akan berdampak positif pada naiknya harga cabai sehingga petani cabai dapat meraup keuntungan yang besar.

2.Tomat
Tomat merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam dan dikembangbiakkan sehingga tidak membutuhkan modal yang besar untuk menggeluti usaha ini. Tomat memiliki konsumen yang banyak dan nilai jualnya relative stabil.

3.Apotek hidup
Apotek hidup merupakan tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Jenis tanaman herbal yang banyak diburu oleh masyarakat adalah jahe, kunyit, temulawak, lengkuas, dan lainnya. Tanaman herbal ini sangat laris dipasaran dan konsumennya terus bertambah.

4.Bumbu dapur
Kelezatan setiap masakan diciptakan oleh kombinasi bumbu dapur yang tepat. Setiap masakan membutuhkan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun bawang, dan lainnya. Jadi usaha menanam bumbu dapur merupakan usaha yang sangat menguntungkan karena tidak pernah sepi dipasaran.

5.Sayuran
Salah satu kebutuhan pokok setiap orang adalah mengkonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran tidak hanya mengandung berbagai vitamin dan senyawa lain yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Jadi tak heran jika kebutuhan sayuran semakin meningkat. Kamu dapat mencoba membuka usaha menanam sayuran hijau seperti sawi, kangkung, bayam, dan lainnya.
Itulah beberapa jenis usaha dalam bidang pertanian yang cukup menjanjikan untuk dicoba. Jika ingin berinvestasi di bidang pertanian maka sebaiknya hubungi terlebih dahulu BKPM.

Related posts

Leave a Comment