Cara Menghilangkan Kolesterol Darah

Cara Menghilangkan Kolesterol

Cara Menghilangkan Kolesterol

Sekarang ini kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak ditemui. Gaya hidup tidak sehat dan makanan tidak bergizi menjadi beberapa faktor naiknya kadar kolesterol. Apabila sudah melebihi batas normal, maka cara menurunkan kolesterol harus dilakukan agar tidak menimbulkan komplikasi. Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa kolesterol yang tinggi dalam pembuluh darah dapat mengganggu kelancaran aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi lain ke bagian-bagian tubuh lain. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Menurunkan Kadar Kolesterol ke Batas Normal Batas normal untuk kadar kolesterol dalam tubuh adalah 160 sampai 200. Apabila melebihi, maka lakukan cara-cara berikut untuk membantu menurunkan kolesterol.

1. Memperbaiki pola makan. Pola makan menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan pada pasien kolesterol. Pilihlah menu makanan sehat yang tinggi nutrisi, seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Buah dapat mencukupi kebutuhan vitamin untuk memperlancar pencernaan dan juga membantu menurunkan kolesterol. Sedangkan sayuran hijau seperti brokoli sangat baik sebagai antioksidan. Mengonsumsi biji-bijian pun sangat disarankan karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang banyak diketahui, bahwa kolesterol dapat mengakibatkan komplikasi pada jantung.

2. Menjaga berat badan. Pasien dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk menjaga berat badan. Rajin berolahraga dan lebih aktif bergerak. Hindari makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak trans. Cara menurunkan kolesterol cukup efektif dengan tidak makan makanan yang tinggi lemak trans. Seperti yang terdapat pada junk food atau makanan cepat saji. Jangan lupa untuk menjaga waktu dan kualitas istirahat.

3. Mengonsumsi air jeruk nipis. Selain cara di atas, menurunkan kolesterol dapat dibantu dengan air jeruk nipis. Cukup dengan memeras jeruk nipis dan kemudian campurkan air tersebut dengan air hangat. Air jeruk nipis hangat ini bisa diminum pada pagi dan juga sore hari. Kandungan dalam air jeruk nipis yaitu flavonoid merupakan antioksidan yang cukup kuat dan bermanfaat untuk kesehatan.

4. Mengonsumsi jus anggur. Cara enak untuk membantu menurunkan kolesterol adalah dengan rajin minum jus anggur. Buah manis ini mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Anggur bisa menjadi antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Cara menurunkan kolesterol dengan jus anggur ini juga baik karena mengandung zat anti mikroba alami.

5. Memanfaatkan kulit manggisKulit manggis sudah banyak digunakan pada pabrik-pabrik obat. Tidak heran memang karena kulit manggis ini memang mengandung cukup banyak nutrisi untuk pengobatan. Seperti xanthone dalam kulit manggis yang merupakan zat anti kanker. Xanthone tersebut juga merupakan sumber antioksidan alami yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Itulah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kadar kolesterol berlebih. Cara menurunkan kolesterol di atas bisa dibarengi dengan pengobatan oleh dokter agar aman dan berhasil.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *