CARA MENGHITUNG BUDGET BUAT NIKAH

Cara Menghitung Budget Buat Nikah

Cara Menghitung Budget Buat Nikah

Budget pernikahan menjadi salah satu hal yang tidak terlepas dari perencanaan pernikahan. Beberapa orang mungkin akan membayangkan bahwa biaya yang harus dikeluarkan guna menggelar acara pernikahan sangat besar, sehingga dijadikan alasan dalam menunda pernikahan. Namun dengan perencanaan yang matang, budget untuk acara pernikahan ini bisa dipersiapkan dengan baik atau bahkan ditekan dengan berbagai cara. Kita hanya perlu mempersiapkannya dengan baik sejak jauh-jauh hari dan membicarakannya bersama pasangan serta keluarga besar. Hal ini penting agar pengeluaran tidak lebih besar daripada budget yang ada. Berikut adalah beberapa cara dalam menghitung budget untuk pernikahan.

Budget Buat Nikah

  • Catat Semua Pengeluaran yang Dibutuhkan

Pertama tentu kita harus mencatat terlebih dahulu semua pengeluaran yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan nantinya. Termasuk di antaranya adalah biaya penghulu, gedung, busana kebaya, make up, katering, tenda, dekorasi, hingga seragam kru, hiburan dan lain-lain. Catat jenis-jenis pengeluaran dan biaya dari masing-masing pengeluaran tersebut. Ini akan membantu kita dalam mengetahui berapa besar budget pernikahan yang dikeluarkan dan mana yang kemungkinan bisa ditekan. Misalnya, sewa gedung bisa dicoret apabila kita mengadakan pesta di rumah. Atau, biaya undangan bisa ditekan dengan mengirim undangan digital. Ini akan membantu menghemat budget yang harus kita keluarkan. Tidak semua pengeluaran harus dihemat apabila kita memang ingin pesta yang berkesan untuk semua orang.

  • Solusi Budget Pernikahan Terbatas

Budget pernikahan yang terbatas seharusnya tidak menjadi halangan untuk melangsungkan pesta pernikahan. Pernikahan sendiri sebenrnya sudah dinyatakan sah di hadapan penghulu dan saksi tanpa harus mengadakan pesta besar dan mengundang banyak orang. Pernikahan sederhana di Kantor Urusan Agama dapat menjadi solusi bagi pasangan yang memiliki budget terbatas. Untuk pestanya bisa diadakan secara sederhana dengan hanya mengundang keluarga dan kerabat dekat. Kesakralan pernikahan dan arti dari pernikahan itu sendiri tidak akan berkurang dengan perayaan yang lebih sederhana serta tidak semeriah pada umumnya.

Mewujudkan pernikahan tentu bukan hanya urusan kedua belah pihak mempelai, namun juga keluarga besar. Penting untuk membicarakannya dengan pihak keluarga terkait pernikahan yang akan diselenggarakan. Tujuannya adalah agar keluarga dapat turut memberikan bantuan apabila diperlukan. Sehingga, dengan budget pernikahan yang terbatas sekalipun, pernikahan dapat tetap dilangsungkan berkat bantuan dari seluruh anggota keluarga. Pembicaraan terkait pernikahan biasanya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari agar pernikahan dapat dipersiapkan secara lebih matang dan terencana. Ini juga agar dana yang ada dapat digunakan sebaik-baiknya. Pihak keluarga juga dapat memberikan masukan mereka terkait penyelenggaraan pesta pernikahan dan penggunaan budget untuk pesta pernikahan nantinya. Demikian adalah uraian terkait budget untuk pernikahan. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *