beasiswa-djarumPENDIDIKAN 

Cara Mudah Dapetin Beasiswa Djarum

Cara Dapetin Beasiswa Djarum

Djarum Foundation sejak tahun 1984 memberikan beasiswa untuk mahasiswa S1 di seluruh Indonesia melalui seleksi yang cukup ketat. Program beasiswa untuk tingkat S1 ini dinamai sebagai Djarum Beasiswa Plus. Sesuai dengan namanya, penerima beasiswa tidak hanya diberi bantuan dana pendidikan saja. Penerima beasiswa Djarum Plus juga diberi pelatihan softskill untuk menyiapkan generasi yang cerdas secara ilmu dan memiliki karakter kepemimpinan yang baik. Banyak mahasiswa yang mengincar program beasiswa dari Djarum tersebut. Namun hanya beberapa mahasiswa saja yang bisa tersaring dan lolos dari seleksi yang bisa dibilang cukup ketat ini. Berikut adalah beberapa cara yang perlu diketahui untuk Anda yang berminat mendapatkan beasiswa Djarum Plus.

Beberapa Persyaratan dan Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus

Untuk mendapatkan beasiswa Djarum Plus, terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran online di website resmi beasiswa Djarum Plus. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar beasiswa Djarum tersebut. Pendaftar hanya untuk mahasiswa S1 atau diploma IV yang sedang menempuh semester IV. Semua program disiplin ilmu diperbolehkan mendaftar beasiswa Djarum. Untuk syarat nilainya adalah IPK dengan minimum 3.00 di semester III. Pendaftar beasiswa ini juga dianjurkan aktif di organisasi, baik organisasi di kampus atau di luar. Bagi yang akan mendaftar beasiswa Djarum, pastikan bahwa Anda tidak sedang memperoleh beasiswa dari pihak mana pun.

Cara mendaftarnya sendiri melalui web resmi beasiswa Djarum di alamat djarumbeasiswaplus(dot)org. Untuk mendaftar, pilih menu join come us yang hanya ada saat pendaftaran sedang dibuka. Pastikan untuk selalu mengecek jadwal pendaftaran supaya tidak terlambat. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar awal bulan April sampai dengan bulan Mei. Setelah masuk ke menu pendaftaran, isi seluruh data yang diperlukan dengan benar. Lakukan pengecekan untuk memastikan Anda tidak salah memasukan data. Jika sudah dicek dan benar, kemudian pilih tombol finish. Pendaftaran selesai dan tugas selanjutnya adalah mendownload formulir registrasi online dalam format PDF. Formulir tersebut penting untuk kelengkapan syarat administrasi. Selain formulir pendaftaran online, ada beberapa berkas lainnya yang perlu diserahkan.

Berkas mulai dari fotokopi kartu tanda mahasiswa, transkip nilai dilegalisir dari semester I sampai semester III, surat aktif organisasi, fotokopi sertifikat prestasi, surat pernyataan dari pihak kampus bahwa tidak sedang menerima beasiswa lain, dan foto ukuran 4 X 6 berwarna dengan mengenakan jas almamater. Semua berkas tersebut diserahkan, kemudian menunggu hasil seleksi administrasi yang biasanya diumumkan akhir Mei. Perlu diketahui bahwa beasiswa Djarum Plus diberikan untuk mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi yang menjadi mitra. Jadi Anda perlu mengecek, apakah perguruan tinggi Anda termasuk mitra beasiswa Djarum atau bukan. Bagi yang lolos administrasi, terdapat seleksi lanjutan yaitu tes potensi akademik dan tes wawancara. Biasanya jadwal TPA dan wawancara dilakukan pada bulan Juni sampai September. Tes tersebut menjadi tahapan seleksi terakhir. Jika lolos TPA dan wawancara, maka resmi menjadi penerima beasiswa Djarum Plus. Beasiswa tersebut diberikan untuk dua semester. Selain dana pendidikan, beasiswa ini memberikan pelatihan meliputi nation building, character building, competition challenges, leadership development, dan juga international exposure.

Related posts

Leave a Comment