Singapore National Eye Center Menangani Cataract Singapore

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit pada mata yang pada umumnya menimpa para lansia, katarak merupakan kekeruhan lensa pada mata yang dapat mempengaruhi kemampuan melihat para penderitanya. Dalam penanganannya, berbagai penemuan alat berbasis teknologi canggih terus bermunculan seperti operasi katarak menggunakan laser, sehingga para dokter tidak perlu melakukan operasi menggunakan pisau bedah lagi.

Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki teknologi yang cukup canggih dalam menangani katarak, yaitu Singapore National Eye Centre lembaga kesehatan yang cukup banyak mengambil andil dalam menangani cataract Singapore. Katarak merupakan penyebab kebutaan secara global yang penderitanya terus bertambah setiap tahun, adapun beberapa gejala katarak adalah sebagai berikut:

  1. Penglihatan double atau multipel
  2. Penglihatan buram, berkabut atau redup
  3. Tingkat kerabunan mata jarak dekat yang meningkat
  4. Penglihatan silau
  5. Kemampuan melihat di malam hari mulai menurun

Penderita diabetes pada umumnya akan mudah terkena katarak, maka dari itu cukup penting untuk tetap menjaga asupan makanan agar tidak memperparah penyakit diabetes yang diderita hingga mengakibatkan katarak. Untuk menangani cataract Singapore, Singapore National Eye Center (SNEC) melakukan banyak penelitian perihal penanganan yang tepat untuk penderita katarak bagi orang Asia, khususnya di Singapura dan Indonesia yang memiliki karakteristik pada bentuk kornea mata yang sama.

cataract surgery singapore

Selama ini dokter-dokter mata Indonesia kerap melakukan study di negara Eropa maupun Amerika, minimnya jumlah peneliti kesehatan mata di Indonesia membuat para dokter pada umumnya mempelajari hasil penelitian orang-orang Barat yang pada kenyataannya memiliki karakteristik mata yang berbeda dengan orang Asia.

Jumlah penderita cataract Singapore memang cenderung tidak sebanyak jumlah penderita katarak di Indonesia, hal ini karena perbedaan jumlah penduduk yang sangat jauh berbeda. Pihak SNEC yang cukup terbuka dalam berbagai informasi perihal perkembangan teknologi yang menangani operasi khusus katarak dengan salah satu rumah sakit nasional di Indonesia yaitu Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Kedua belah pihak telah melakukan kerja sama di bidang penelitian, pelatihan, dan berbagi pengalaman klinis yang terkait dengan berbagai jenis penyakit mata sekaligus penanganannya.

Adanya kebiasaan orang Asia khususnya di bagian Asia Tenggara yang umumnya baru akan memeriksakan matanya ketika sudah sangat parah, sangat berbeda dengan orang-orang Eropa, Inggris dan Amerika yang cenderung akan memeriksakan matanya di awal munculnya gejala katarak, sehingga langsung mendapatkan penanganan secara khusus. Dengan adanya penelitian dan pengembangan yang terus dilakukan oleh pihak SNEC yang bekerja sama dengan beberapa dokter ahli mata di Indonesia, diharapkan akan mampu menangani para penderita katarak di Indonesia, cataract surgery Singapore, maupun para penderita katarak di Asia yang terus meningkat setiap tahunnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *