Jenis Pasar Modal dan Perbedaan dengan BEI

Jenis Pasar Modal dan Perbedaan dengan BEI

Investasi menjadi salah satu cara untuk membantu mempersiapkan masa depan lebih baik. Banyak jenis investasi yang dapat dipilih dan sebelum melakukan investasi terutama investasi saham, Anda harus melihat keadaan di pasar modal. Banyak yang mengira jika pasar modal sama dengan Bursa Efek Indonesia atau BEI yang merupakan gabungan dari Jakarta Stock Exchange Index dengan Surabaya Stock Exchange.
Berdasarkan pada UU No. 8 Tahun 1995, Pasar Modal adalah pasar untuk kegiatan penawaran yang bersifat umum serta untuk perdagangan efek yang melibatkan umum serta lembaga yang terkait. Sementara Stock Exchange Jakarta merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di pasar modal. umumnya, terdapat 2 jenis pasar Modal yaitu pasar perdana serta pasar sekunder. Pasar perdana disebut juga sebagai primary market yang merupakan tempat untuk melakukan penawaran saham untuk pertama kalinya dari emiten ke pemodal dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh penerbit dan biasanya selama 6 hari sebelum akhirnya dijual di pasar sekunder. Harga saham yang dijual ditentukan oleh penjamin emisi serta perusahaan dan sifatnya tetap.
Jakarta Stock Exchange Index
Jakarta Stock Exchange
Setelah di Pasar Perdana, transaksi saham akan dilaksanakan di Secondary Market antar investor. Di tempat ini, dapat terjadi transaksi terkait dengan efek yang ada sehingga tidak hanya para investor yang memanfaatkan keadaan di Pasar Sekunder namun juga pengusaha. Di pasar sekunder, para pengusaha juga dapat mengumpulkan para investor untuk menambah modal baik digunakan untuk memperluas perusahaan ataupun mempertahankan perusahaan.

Pasar sekunder tersebut terjadi di Jakarta Stock Exchange Index dan di BES. Di pasar sekunder yang sudah menjadi BEI tersebut, pembeli serta penjual modal akan bertemu dan dana dari pembelian saham atau efek yang ditawarkan tersebut akan menjadi ‘suntikan’ modal bagi pengusaha. Untuk melihat dan mendapatkan informasi lengkap terkait dengan pasar modal, Anda dapat mengunjungi IDN Financials. Di situs tersebut, akan ditampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan pasar modal misalnya indeks saham yang sebaiknya Anda beli atau tidak. Jadi, kunjungi IDN Financials untuk melihat perubahan akurat dari harga efek yang dapat berubah sewaktu-waktu di pasar modal!

Related posts

Leave a Comment