cara menghilangkan keputihann bau amis

Cara Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Cara Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang. Sebagai wanita, menjaga kesehatan bagian intim tentunya menjadi salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Hal ini karena berbagai penyakit dapat timbul dari organ kewanitaan kita. Salah satu tandanya adalah keputihan bau amis. Keputihan jenis ini tidak hanya mengganggu dan membuat kita tidak nyaman, hal ini juga dapat menjadi salah satu tanda awal terjangkitnya penyakit yang menyerang daerah kewanitaan tersebut. Sebenarnya, bau organ kewanitaan biasanya berbeda-beda tergantung dari fasenya. Jika sedang dalam siklus datang bulan atau setelah melakukan aktivitas yang berat, vagina biasanya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, bau tersebut masih menjadi hal yang wajar. Hal yang tidak wajar adalah jika kejadian tersebut terjadi terlalu sering tanpa alasan yang jelas.

Keputihan Bau Amis

Penyebab Keputihan Bau Amis

Ada berbagai penyebab yang membuat wanita mengalami keputihan bau amis. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Vaginosis bakterialis
Di daerah vagina memang hidup bakteri. Bakteri tersebut dapat ditemukan pada rongga vagina pada wanita normal dan memiliki fungsi sebagai pelindung vagina serta membuat vagina menjadi asam. Kejadian vaginosis bakterialis adalah berkurangnya jumlah bakteri dalam vagina yang berakibat menurunnya keasaman daerah vagina. Hal ini menyebabkan keputihan dengan warna abu atau putih dan berair atau encer.

2. Trichomoniasis
Trichomoniasis merupakan kondisi yang disebabkan oleh protozoa parasit. Hal ini merupakan penyakit seksual menular.

penyebab keputihan bau amis

Cara menghilangkan Keputihan Bau Amis

Ada cara menghilangkan keputihan bau amis yang dapat Anda lakukan di rumah. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kebersihan vagina
Kebersihan vagina dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan menghindari penggunaan pantyliner jika tidak sedang menstruasi karena akan meningkatkan kelembapan vagina yang menjadi pemicu penyakit pada daerah kewanitaan Anda. Cara yang kedua adalah dengan mengganti pembalut Anda dengan rutin saat sedang menstruasi. Jangan gunakan pembalut seharian.

2. Kelembapan vagina
Jaga daerah kewanitaan Anda untuk tetap dalam kondisi kering. Hal ini sangat penting dilakukan agar daerah kewanitaan Anda tetap sehat. Sebisa mungkin, hindari menggunakan celana yang ketat. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda terkena infeksi terutama pada bagian kewanitaan dan membuat bakteri terkumpul pada daerah tersebut.

3. Jangan menggunakan pembersih vagina
Pembersih vagina yang beredar di pasaran justru dapat mengganggu kesehatan vagina dan membuat ph vagina berubah. Cairan pembersih juga tidak dapat menghilangkan keputihan, hanya dapat membuatnya tidak berbau saja.

Keputihan bau amis dapat disembuhkan dengan merawat daerah kewanitaan dengan baik dan menghindari hal yang dapat memperburuk keadaan tersebut. Bagi Anda yang ingin tampil percaya diri dan tidak mengalami keputihan tersebut, Anda dapat mengaplikasikan beberapa cara di atas.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *