Memilih Makanan Sehat Untuk BayiIBU & ANAK TIPS KESEHATAN 

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Bayi

Memilih Makanan Sehat Untuk Bayi

Memilih makanan sehat untuk bayi memang tidak boleh sembarangan. Banyak hal-hal yang perlu kita perhatikan. Di samping usia bayi yang masih sangat rentan, keamanan dan kebersihan makan yang akan dikonsumsi si kecil pun harus diawasi dengan tidak sembarangan. Seorang bayi sudah mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI pada kisaran usia 6-7 bulan. Pada usia ini sistem pencernaan bayi dianggap sudah mampu untuk menerima makanan bertekstur padat.

Bagi para ibu yang baru melahirkan pastinya hal ini akan membuat sedikit bingung. Bagaimana sih cara memilih makanan sehat untuk bayi ? Banyak diantara para ibu menjai khawatir akan jenis makanan yang akan diberikan pada bayinya. Ketakutan akan reaksi alergi atau reaksi penolakan lainya seperti gangguan pencernaan diare atau sakit perut membuat ibu menjadi panik. Maka dari itu, kualitas dan kebersihan makanan sangat perlu untuk ibu perhatikan.

Beberapa jenis makanan ini mungkin dapat dijadikan alternatif makanan pendamping ASI bagi para ibu yang sedang bingung memilih makanan sehat buah hatinya.

1.Campuran Biskuit dan Susu
Campuran biskuit dan susu merupakan pilihan yang cukup baik bagi para ibu yang baru pertama kali memperkenalkan makanan padat pada bayinya. Namun jangan lupa untuk mengancurkan biskuitnya terlebih dahulu agar bertekstur selembut mungkin, mengingat organ pencernaan bayi yang masih sangat sensitif. Anda bisa menggunakan susu hangat sebagai campuranya agar biskuit mudah dihancurkan namun tetap perhatikan suhunya jangan terlalu panas.
2. Bubur Beras dan Sayuran
Alternatif lain yang bisa menjadi pilihan para ibu adalah bubur beras dan sayuran. Para ibu dapat membuatnya sendiri dirumah. Sayuran terkenal mengandung banyak serat dan nutrisi bagi si kecil. Namun untuk bayi yang baru pertama kali mengenal makanan sebaiknya pilihlah sayuran dengan sedikit serat seperti wortel, buncis dan sayuran lainya sehingga mudah untuk dicerna. Untuk pilihan beras, pilihlah yang kandungan gizinya baik, seperti beras merah. Anda bisa membeli beras merah Nature’s Energy Quinoa Seeds Red di situs Lemonilo karena bersifat organik dan kaya akan vitamin.
3.Telur Rebus

Yang terakhir yaitu telur rebus, sama halnya dengan makanan yang disebutkan sebelumnya. Telur rebus juga merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk bayi yang baik bagi buah hati anda karena banyak mengandung protein dan nutrisi. Telur rebus ini juga perlu di olah menjadi bubur terlebih dahulu.

Related posts

Leave a Comment