Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Tips Menghemat Uang Belanja Agar Budget Tidak Terbuang Sia-Sia

Menghemat Uang Belanja Agar Budget Berlebihan

Siapasih yang menyangkal bila tanggal gajian merupakan tanggal paling menyenangkan ketimbang tanggal-tanggal lainnya? Biasanya tanggal 1 ataupun tanggal 25 semua penat dan rasa lelah bekerja terasa menguap di udara karena tanggal tersebut para pekerja menerima gaji bulanannya. Nah, masuknya gaji bulanan pekerja ke rekening menjadi tanda kebebasan untuk belanja produk-produk yang selama ini di idam-idamkan. Namun seperti siklus kehidupan yang lainnya, hadirnya kebahagiaan karena datangnya gaji bulanan bisa saja berubah secara tiba-tiba jika Anda tidak bisa berhati-hati dalam membelanjakan gaji tersebut untuk barang-barang yang memang diperlukan. Nah, apakah Anda tergolong orang yang selalu kehabisan budget sebelum tanggal 1 ataupun tanggal 25 tiba?

Sering bingung gajimu habis untuk keperluan apa saja? Nah, bila Anda termasuk dalam kategori ini maka diharuskan Anda mengetahui tips menghemat uang belanja agar budget tidak terbuang sia-sia. Berikut tipsnya :

• Setiap Tanggal Gaji Bulanan Anda Tiba, Usahakan Untuk Meredam Semua Hasrat Anda Untuk Belanja.
Tips menghemat uang belanja pertama yakni disarankan untuk membuat sebuah daftar kebutuhan yang wajib dibayar dimuka. Dengan begitu, Anda akan sadar bahwa ternyata gajimu tidak sebanyak yang Anda kira. Agar hasrat Anda untuk belanja tidak agresif maka biasakan untuk membayar semua kebutuhan dimuka. Nah, selepas gaji bulanan Anda ditransfer ke rekening maka secepatnya Anda pisahkan beberapa uang Anda untuk keperluan rutin. Seperti biaya kost, angsuran motor, uang makan, beli pulsa, tagihan listrik dan sebagainya.

• Tetapkanlah Tanggal Keramat.
Jadi tanggal tersebut bisa Anda jadikan untuk hari rutin belanja bulanan Anda. Selain tanggal tersebut, jangan sampai Anda mengeluarkan uang untuk belanja dari kantong Anda. Agar belanja Anda lebih terarah, di tanggal keramat tersebut Anda bisa belanja bulanan rutin dan diperbolehkan juga untuk belanja barang idaman jika uang tersisa. Buatlah sebuah hukum tidak tertulis bila terdapat beberapa produk yang lupa untuk dibeli pada tanggal tersebut yang harga banderolnya diatas Rp 100 ribu.

• Jika Ada Kebutuhan Belanja Yang Memang Tidak Dapat Dihindari Maka Cari Tips Pintar Supaya Pengeluaran Anda Justru Menjadikan Keuntungan Anda.

Untuk menerapkan cara ini, Anda wajib memanfaatkan transaksi online. Produk yang Anda beli dan transaksi memakai sistem online yang terpercaya, maka Anda akan mendapatkan reward atau bonus dari setiap transaksi pembayaran.
Nah, sekian tips menghemat uang belanja agar budget tidak terbuang sia-sia. Semoga bermanfaat!

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *