Tips Mudah Menjaga Tenggorokan Tetap Sehat

Tips Mudah Menjaga Tenggorokan Tetap Sehat

Tips Mudah Menjaga Tenggorokan Tetap Sehat

Tenggorokan merupakan “jalur” utama saat kita makan, minum, dan berbicara. Jika tenggorokan tidak terjaga dengan baik, makan minum hingga bicara pun akan sulit kita lakukan. Untuk itu, menjaga kesehatan tenggorokan adalah hal yang wajib kita lakukan. Jika kita cuek terhadap kesehatan tenggorokan, kita bisa terkena penyakit seperti radang tenggorokan. Hasilnya? Kita harus pergi ke dokter menghabiskan biaya yang mungkin tidak sedikit untuk memperolah obat radang tenggorokan. Khususnya untuk si ekcil, maka dari itu anda harus memberikan vitamin otak pada anak agar tenggorokannya selalu sehat.

Menjaga Tenggorokan Tetap Sehat

Menjaga kesehatan tenggorokan ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Kuncinya adalah harus disiplin dan tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan. Berikut ini adalah tips mudah menjaga tenggorokan agar tetap sehat.

  1. Ketika cuaca sedang dingin, jangan lupa untuk menjaga agar leher tetap hangat. Gunakan baju yang hangat dan tutupi leher dengan syal yang hangat. Cuaca dingin bisa membuat kita terkena flu dan batuk. Batuk bisa membuat tenggorokan gatal dan perih.
  2. Tenggorokan bisa menjadi area yang rentan dimasuki virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini bukan hanya berasal dari makanan yang tidak sehat saja, tetapi bisa juga dari peralatan makan yang “dibagi” dengan orang lain. Maka dari itu, sebaiknya tidak sembarangan menggunakan sendok atau garpu yang sudah dipakai orang lain.
  3. Rajin berkumur setelah sikat gigi juga bisa membantu menjaga kesehatan tenggorokan kita. banyak produk kumur yang mengandung antibakteri juga antiseptik untuk kesehatan mulut dan tenggorokan.
  4. Gunakan suara dengan wajar. Sering berteriak – teriak bisa membuat tenggorokan sakit, perih, dan kering. Maka dari itu, gunakan suara dengan wajar dan tidak perlu berteriak hingga tenggorokan sakit.
  5. Kurangi makanan yang berminyak. Lebih baik perbanyak makanan yang berkuah dan tidak mengandung banyak minyak. Makanan yang berkuah dan direbus bisa membuat tenggorokan lebih sehat.

Lalu, jika anda merasa tenggorokan mulai sakit, perbanyaklah minum air putih. Anda juga bisa mengkonsumsi herbal jahe merah dan madu untuk obat radang tenggorokan alami. Sehingga tenggorokan yang sehat bisa membuat kita lebih nyaman dalam beraktifitas setiap hari.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *