Penyebab Batuk Berdahak

Penyebab Batuk Berdahak, Baca Selengkapnya Disini Yuk!

Penyebab Batuk Berdahak Yang Perlu Kamu Ketahui

Pernahkah Anda mengalami batuk berdahak? Tentu setiap orang pernah mengalami batuk berdahak. Seperti halnya bersin yang merupakan respon pada tubuh ketika terdapat benda asing amsuk ke dalam hidung. Sejatinya, batuk juga merupakan cara alami atau respon alami yang dilakukan tubuh Anda untuk membersihkan saluran penafasan dari dahak maupun kuman di dalam saluran pernafasan agar nafas lebih lega. Memang ada beberapa penyebab batuk berdahak, yaitu secara alami yang disebabkan oleh proses detoksifikasi alami yang dilakukan tubuh, ada juga yang memang karena penyakit.

Penyebab batuk berdahak karena detoksifikasi alami tubuh, biasanya merupakan batuk berdahak normal yang terjadi di pagi hari. Tubuh kita pada dasarnya memiliki organ yang dapat secara alami menjalankan fungsi detoksifikasi atau pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Bak sebuah mesin pabrik, tuuh ini bekerja secara alami sesuai dengan jadwalnya sepanjang malam dalam keadaan tidur yang nyenyak. Proses detoksifikasi pada paru-paru bekerja pada pukul 03.00 s/d 05.00 pagi. Karenanya, pada jam-jam ini Anda kerap mengalami batuk-batuk. Bgai Anda yang memiliki penyakit atau paru yang cukup kotor, akan mengalami batuk disertai dengan dahak, sebab proses pembersihan kotorannya mencapai saluran pernafasan. Hal ini berarti masih dalam batas normal dan tidak disarankan untuk meminum obat batuk agar tidak menghambat proses pembersihannya.

Penyebab Batuk Berdahak Yang Perlu Kamu Ketahui

Sedangkan, penyebab batuk berdahak tidak normal, biasanya karena Anda memiliki alergi, batuk rejan, flu/pilek, pneumonia, virus (batuk yang disertai pilek), dan sinusitis. Tidak hanya itu, batuk berdahak bisa juga disebakan karena penyakit yang berasal dari paru-paru dan organ tubuh lainnya, seperti asma, bronkitis kronis (radang sauran pernafasan), asam lambung tinggi, dan gagal jantung. Penyebab ini yang harus segera ditangani ahlinya, sebab biasanya penyakit ini begitu mengganggu aktivitas. Batuk kerap disertai sakit dada yang teramat sangat, sulit bernafas, sakit dada hingga punggung belakang, bahkan yang lebih serius bisa menimbulkan dahak yang berdarah. Kondisi-kondisi ini beresiko tinggi pada perokok aktif, peroko pasif, dan orang yang memiliki kekebalan tubuh atau sistem imunitas yang rendah.

Macam-Macam Penyebab Batuk Berdahak

Macam-Macam Penyebab Batuk Berdahak

Berbagai macam penyebab batuk berdahak membuat Anda harus selalu waspada dan paling tidak mengetahui mana batuk berdahak yang patut dicurigai dan diperiksakan ke dokter. Berikut ini beberapa kondisi pada batuk berdahak yang wajib Anda curigai dan segera hubungi dokter:

• Batuk berdahak yang tak kunjung sembuh, misalnya selama sepekan tanpa henti
• Dahak berwarna hijau pekat, kental, atau berwarna merah muda dan terdapat banyak busa
• Dahak mengandung darah kental
• Jika Anda perokok dan selalu mengalami batuk hebat setiap hari, terutama puncak terparah pada malam hari
• Jika Anda secara tiba-tiba batuk dan disertai gejala sakit kepala, nyeri otot, serta kelelahan
• Batuk berdahak disertai demam tinggi, sesak nafas, nyeri pada bagian dada, sakit telinga, sakit kepala yang terus timbul, mengigau, muncul ruam-ruam dikulit, dan lebih parah lagi mengalami penurunan berat badan ekstrim.

Jika Anda mengalami penyebab batuk berdahak seperti di atas, Anda harus segera menghubungi dokter, sebab bisa saja hal ini merupakan gejala penyakit dalam yang lebih parah. Namun, jika hanya batuk berdahak biasa, Anda bisa mengkonsumsi obat batuk berdahak dengan dosis tertentu. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikannya pada apoteker atau lebih baik lagi pada dokter. Obat batuk yang dikonsumsi biasa untuk mengencerkan dahak.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *