Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Untuk Pasangan MudaBISNIS 

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Untuk Pasangan Muda

perencanaan keuangan keluarga untuk pasangan muda

 Perencanaan Keuangan Keluarga

Memasuki masa baru berumah tangga menjadi hal yang baru bagi pasangan yang baru saja menikah, banyak hal yang biasanya dilakukan sendiri kini harus dipikirkan berdua salah satunya adalah masalah keuangan. Untuk keluarga baru mengurus keuangan bukan lah hal yang dapat disepelekan karena sudah berumah tangga dibutuhkan komunikasi yang lebih agar permasalahan keuangan di rumah bukan sesuatu yang sulit untuk dibicarakan. Bagi Anda yang baru saja berumah tangga terdapat banyak tips perencanaan keuangan keluarga untuk pasangan muda yang dapat anda ikuti untuk mengatur keuangan keluarga.
Bagi para pasangan muda yang baru menikah kadang akan merasa kebingungan dalam mengatur keuangan keluarga, perbedaan antara mengatur keuangan saat masih lajang dan saat sudah berkeluarga juga berbeda jika perencanaan keuangan keluarga tidak dibicarakan dengan benar dapat menjadi masalah bagi keluarga baru. Tips perencanaan keuangan keluarga untuk pasangan muda yang paling pertama adalah komunikasi, dengan berkomunikasi dengan pasangan anda akan mengerti akan keinginan satu sama lain dan akhirnya dapat membuat rencana keuangan jangka pendek dan jangka panjang bersama.
Beberapa tips perencanaan keuangan keluarga bagi pasangan yang baru menikah dalam mengelola keuangan sebenarnya tidak sulit, kuncinya hanya komunikasi dan mau salaing mengerti. Tips mengatur keuangan keluarga untuk pasangan muda adalah
1.Buat anggaran bersama. Dengan membuat anggaran bersama anda dan pasangan akan mengetahui akan kebutuhan keluarga dalam jangka pendek dan jangka panjang. Diskusikan sumber pemasukan dan apa saja kebutuhan keluarga untuk satu bulan, pastikan juga berapa gaji yang akan digunakan untuk membiayai kebutuhan rumah dan juga untuk kebutuhan lainnya.
2.Buat skala prioritas. Jika anda dan pasangan masih bingung mengatur pengeluaran dan mengelola pemasukan anda dapat membuat skala prioritas dengan membuat list hal-hal yang penting untuk dibayar terlebih dahulu seperti tagihan listrik, air, internet hingga cicilan rumah, setelah itu kebutuhan sehari-hari dan lain-lain.
3.Menabung ataupun melakukan investasi. Untuk skala panjang anda dan pasangan wajib memiliki tabungan, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu hal yang terjadi. Untuk melakukan investasi anda dapat memilih hal-hal yang anda kuasai seperti membeli emas, properti hingga asuransi.
4.Laporan keuangan. Dengan membuat laporan keuangan anda dapat mengetahui digunakan untuk apa saja uang anda selama sebulan, hal ini juga dapat melihat apakah anda termaksud boros atau hemat dalam mengatur keuangan. Laporan keuangan juga bisa digunakan untuk belajar agar lebih baik dalam mengatur keuangan.Tips perencanaan keuangan keluarga yang lainnya adalah dengan menggunakan e-money seperti Dompetku+ untuk melakukan pembayaran beberapa hal seperti tagihan dan lainnya, cara ini tentu akan membuat anda lebih hemat dan teroganisir dalam mengatur keuangan.

Related posts

Leave a Comment