Perencanaan Keuangan Keluarga

Jadilah Ahli Mengelola Keuangan dengan Tips Perencanaan Keuangan Keluarga

Perencanaan Keuangan

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga

Hidup berkeluarga berarti harus pintar dalam mengatur keuangan keluarga dengan begitu kebutuhan keluarga akan terpenuhi. Tips perencanaan keuangan keluarga bisa anda dapatkan dari mana saja seperti konsultan keuangan, teman ataupun keluarga yang sudah berkeluarga terlebih dahulu. Mengatur keuangan keluarga merupakan hal yang cukup sulit karena anda tidak hanya memenuhi kebutuhan satu orang namun seleruh keluarga, oleh karena itu mengatur keuangan keluarga membutuhkan perencanaan yang matang dan keterbukaan dari pasangan akan kebutuhan dan pemasukan masing-masing. Permasalahan utama keluarga adalah kekurangan uang pada akhir bulan karena sebesar apapun pemasukan kadang kebutuhan keluarga selalu lebih dari pemasukan setiap bulan.

Tips perencanaan keuangan keluarga yang terpenting adalah memahami seluruh aspek keuangan keluarga, dengan cara ini anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki selanjutnya anda dapat mengatur keuangan keluarga dengan mengetahui pemasukan yang dimiliki keluarga. Selain mengetahui pemasukan anda juga harus mengetahui apa saja pengeluaran keluarga selama sebulan mulai dari tagihan listrik, cicilan rumah, tagihan telepon, belanja bulanan, jajan anak dan lainnya, setelah mengetahui pengeluaran dan pemasukan keluarga anda dapat mulai merencanakan keuangan keluarga.

Terdapat beberapa tips perencanaan keuangan keluarga lainnya yang dapat anda gunakan dalam mengatur keuangan keluarga. Namun tips yang akan diberikan kepada anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga selain itu komunikasi antar pasangan juga sangat penting dalam membuat sebuah rencana keuangan.
1.Bedakan kebutuhan dengan keinginan. Dalam membuat rencana keuangan yang pertama harus anda lakukan adalah membedakan antara kebutuhan keluarga dan keinginan karena tidak jarang keuangan keluarga keluar untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Memenuhi keinginan juga baik namun diharapkan tidak dilakukan secara berlebihan.
2.Hindari hutang. Dalam memenuhi kebutuhan kadang tidak jarang kita lebih memilih untuk meminjam uang dari kerabat, saat anda sudah berkeluarga hindari membuat hutang karena hal ini dapat memperburuk keadaan keuangan keluarga. Salah satu cara menghindari hutang adalah menggunakan kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anda dalam membayarnya.
3.Mulai berinvestasi. Melakukan investasi adalah cara kita untuk menjaga keuangan keluarga dalam jangka panjang, anda dapat melakukan beragam jenis investasi seperti properti, membeli emas, dan model investasi lainnya, pelajari kelebihan dan kekurangan dari investasi tersebut dan mulai lah melakukan investasi.
4.Menabung. Sama seperti dengan melakukan investasi dengan menabung anda mempersiapkan kebutuhan untuk jangka panjang yang membedakan menabung dengan investasi adalah jika menabung dapat diambil sewaktu-waktu dibandingkan dengan investasi yang memerlukan waktu sebelum dapat untung.

Berbagai cara dan tips perencanaan keuangan keluarga dapat anda lakukan salah satunya adalah dengan menganti model pembayaran tagihan anda menjadi menggunakan Dompetku.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *