Perencanaan Keuangan Untuk Kehidupan MandiriBISNIS 

Perencanaan Keuangan Untuk Kehidupan Mandiri Yang Lebih Baik

Perencanaan Keuangan Untuk Kehidupan Mandiri

Ada saatnya seseorang akan mulai hidup mandiri dan tak bisa tergantung lagi pada orangtua. Biasanya hal ini dilakukan ketika seseorang sudah memiliki pekerjaan sendiri bahkan bekerja jauh dari orangtua atau merantau. Selain menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, dengan lingkungan tempat tinggal, ada lagi hal yang harus kita sesuaikan yaitu masalah keuangan. Jika biasanya saat uang habis masih bisa meminta bantuan orangtua maka saat sudah mulai memiliki pekerjaan rasanya berat jika harus meminta uang kepada orangtua. Maka perencanaan keuangan adalah hal yang harus mulai kita pelajari dan biasakan dalam kehidupan mandiri kita.

Perencanaan keuangan dapat dikatakan sebagai pengalokasian dari penghasilan dalam satu bulan untuk berbagai kebutuhan hidup. Melakukan perencanaan keuangan dapat membantu kita untuk mengelola keuangan agar kondisinya tetap baik. Bagaimanapun masalah keuangan adalah masalah yang seringkali menyita pikiran bahkan tak jarang orang yang memiliki masalah keuangan bisa menjadi stress. Banyak kerugian yang bisa kita dapatkan ketika mengalami masalah keuangan. Adapun manfaat membuat rencanaan keuangan yaitu dapat memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan kita, membuat alokasi dana lebih jelas, juga bisa memberikan motivasi untuk kita.

Biasanya masa muda, apalagi ketika kita baru bisa menghasilkan uang sendiri kita akan senang dan tergiur untuk melakukan atau membeli sesuatu yang selama ini kita inginkan. Dampaknya bisa buruk apabila berlebihan dan akhirnya menciptakan masalah keuangan. Untuk itu membuat perencanaan keuangan adalah langkah tepat untuk kehidupan mandiri yang lebih baik. Langkah awal membuat rencana keuangan adalah dengan mengetahui seberapa banyak pendapatan bersih selama satu bulan. Jika pendapatan Anda kena pajak maka hitungannya adalah jumlah setelah dipotong pajak. Selanjutnya identifikasi untuk apa saja selama ini pengeluaran Anda. Apakah untuk kredit kendaraan, belanja kebutuhan sehari-hari, liburan, dan sebagainya. Bedakan mana pengeluaran yang memang harus dan mana yang tidak. Dari situ sudah cukup jelas seperti apa perbandingan pendapatan dan pengeluaran Anda.

Pastikan pengeluaran wajib Anda tak lebih besar dari pendapatan. Selanjutnya bisa diatur untuk pengeluaran lainnya. Tentunya dalam rencana keuangan perlu ada alokasi dana untuk kesehatan dan simpanan atau tabungan atau investasi. Alokasi untuk liburan juga tak kalah pentingnya. Saat ini semakin mudah untuk mendapatkan catatan pengeluaran, juga untuk urusan simpan uang. Ada aplikasi Dompetku dari Indosat Ooredoo yang memfasilitasi Anda melakukan transaksi online. Dengan menggunakan Dompetku Anda bisa melakukan setor dan penarikan tunai, belanja, pembayaran tagihan (Seperti listrik, air, dan sebagainya), isi pulas, juga pengiriman uang. Mendaftar dan menggunakan Dompetku Anda akan memperoleh 2 akun yaitu akun dompet belanja dan dompet kirim uang. Dengan terpisahnya antara dompet belanja dan dompet kirim uang Anda bisa memisah antara uang yang tak perlu Anda pakai jika tak mendesak (tabungan) dan uang untuk belanja. Menggunakan Dompetku dari Indosat memberikan banyak keuntungan pada perencanaan keuangan Anda dan upaya untuk hidup mandiri.

Related posts

Leave a Comment