Tempat Wisata Seni Budaya di Bandung

Tempat Wisata Seni Budaya Yang Bisa Kamu Kunjungi di Bandung

Tempat Wisata Seni Budaya di Bandung

Liburan di Bandung  bukan cuma bisa dinikmati dengan belanja barang-barang branded di factory outlet, mencicipi aneka kuliner khas Bandung di kafe dan resto yang serba unik, atau pergi menikmati pemandangan alam di pegunungan saja. Bandung juga punya pusat kesenian dan budaya yang tak kalang menarik untuk dikunjungi. Berwisata ke tempat seperti ini bisa jadi cara baru untuk menikmati waktu liburan. Hebatnya, turis asing saja banyak yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut untuk berwisata sambil mempelajari kesenian dan kebudayaan yang ada di Nusantara.

Kalau kamu tertarik untuk merasakan keseruan wisata di pusat-pusat seni dan budaya yang ada di Bandung, cus langsung saja datang ke tempat-tempat menarik berikut ini :

Saung Angklung Udjo

1. Saung Angklung Udjo

Sesuai namanya, tempat ini adalah salah satu pusat kesenian Angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat. Di Saung Angklung Udjo, wisatawan bisa belajar langsung tentang tata cara membuat alat musik berbahan bambu ini. Selain itu, wisatawan pun bisa melihat pertunjukan angklung yang dilakukan oleh anak-anak yang belajar di Saung Angklung Udjo. Menariknya, wisatawan juga bisa ikut terlibat dalam pertunjukan tersebut. Biasanya, tiap orang akan diberikan angklung dengan not yang berbeda-beda. Setelah itu, instruktur pun akan memberikan sedikit arahan tentang bagaimana cara memainkan instrumen tersebut. Saat pertunjukan dimulai, pengunjung pun bisa langsung memainkan angklung sesuai dengan aransemen yang dimainkan. Di sini, pengunjung yang datang bukan hanya dari luar kota saja, banyak juga turis asing yang berkunjung dan ikut larut dalam keseruan dari pertunjukan Angklung. Untuk berkunjung ke Saung Angklung Udjo, kamu cukup pergi ke jalan Padasuka, No. 118, Pasir Layung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Kampung Seni Jelekong

2. Kampung Seni Jelekong

Kalau di Bali ada Ubud yang jadi salah satu pusat kesenian dan kebudayaan, maka Bandung punya Kampung Jelekong yang ada di Baleendah, Kabupaten Bandung. Di kampung ini, tinggal senimanseniman hebat yang karyanya sudah banyak tersebar ke berbagai daerah. Ada seniman yang fokus membuat karya lukisan, ada juga pembuat wayang Golek yang produk dari seni budaya Sunda. Di sini, wisatawan bukan sekedar bisa jalan-jalan sambil melihat aneka kesenian yang terpajang di sana, tapi juga bisa melihat langsung proses pembuatannya atau bahkan belajar membuat karya-karya tersebut. Penduduknya pun sangat ramah. Mereka akan selalu menyambut para wisatawan yang datang dengan baik. Di kampung ini, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari oleh-oleh karena setiap produk kesenian yang ada di sana bisa kamu beli sebagai hadiah menarik untuk orang-orang di rumah. Harga barang kesenian yang dijual di sini cukup beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Eco Bambu Cipaku

3. Eco Bambu Cipaku

Paket wisata seni dan budaya yang bisa kamu dapatkan di Eco Bambu Cipaku ini bisa dibilang lebih lengkap dari Saung Angklung Udjo dan Kampung Seni Jelekong. Di sini, kamu bisa melihat sekaligus belajar tentang berbagai kesenian Sunda secara otentik. Ada alat musik tradisional, seni pertunjukan tradisional, seni bela diri pencak silat, dan ada juga mainan tradisional untuk anak-anak. Suasana yang tersaji di Eco Bambu CIpaku pun sangat mencerminkan alampedesaan khas Sunda yang sederhana dan sejuk. Pusat seni dan budaya yang diresmikan langsung bersama Walikota Bandung, M. Ridwan Kamil pada  22 Maret 2015 ini memang sengaja didirikan atas dasar kecintaan terhadap seni budaya Sunda, khususnya beladiri pencak Silat. Bahkan kedepannya, Eco bambu Cipaku ini direncanakan untuk menjadi salah satu pusat pelestarian kesenian tradisional Sunda. Letak Eco Bambu Cipaku ini ada di jalan Cipaku Indah, Ledeng, Kota Bandung. Lokasinya sangat dekat dengan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), berbagai factory outlet dan kafe-kafe modern yang ada di jalan Setiabudi, dan berada di jalur menuju kawasan wisata Lembang.

Taman Budaya

4. Taman Budaya

Pusat kesenian dan Kebudayaan yang lebih dikenal dengan sebutan Dago Tea House ini terletak di Dago, Coblong, Kota Bandung. Di tempat ini, sering digelar pertunjukan kesenian dan kebudayaan Sunda seperti Jaipongan, Wayang Golek, sampai Karawitan. Selain itu, Dago Tea House juga sering dijadikan tempat pertunjukan musik modern yang dibawakan oleh musisi-musisi hebat tanah air, khususnya Bandung. Di Taman Budaya ini, ada panggung terbuka, teater taman, galeri, sanggar seni, sampai etalase berisi cinderamata. Pusat kesenian dan kebudayaan yang satu ini juga punya sejarah yang panjang. Dahulu, Taman Budaya sering dijadikan tempat untuk minum teh oleh orang-orang Belanda. Makanya tempat ini pun disebut ‘Dago the Huis’ atau yang sekarang dikenal dengan Dago tea House.

Kalau kamu tertarik untuk berwisata sambil mempelajari seni budaya Sunda, datang saja ke Bandung. Untuk kamu yang berasal dari daerah yang jauh, kamu bisa pesan E tiket dari sekarang. Lalu, jangan lupa

klik www.reservasi.com untuk menemukan hotel murah di Bandung.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *