Tips Mencuci Baju & Memanfaatkan Detergen Dengan Aman & Benar

Tips Mencuci Baju & Memanfaatkan Detergen Dengan Aman & Benar

Tips mencuci baju 

 Tips Mencuci Baju

Tips Mencuci Baju dan Memanfaatkan Detergen dengan Aman dan Benar ternyata ada beragam tips mencuci baju penting yang sebaiknya tidak diabaikan sayangnya banyak yang belum mengetahuinya. Mencuci baju yang sudah dikenakan seharian memang menjadi rutinitas, beberapa orang bahkan mencuci setiap hari. Tujuannya adalah untuk meringankan beban mencuci baju sekaligus menghindari kemungkinan noda semakin sulit dibersihkan. Mencuci baju kotor sebaiknya memakai detergen yang bagus dan berkualitas supaya hasilnya semakin bersih. Penggunaan detergen akan menghasilkan busa sehingga kegiatan mencuci terasa lebih menyenangkan.

Aman Memakai Detergen Baju

Detergen perlu diperhatikan penggunaannya supaya mendatangkan manfaat dan membantu kegiatan mencuci. Sebab termasuk bahan kimia yang pada situasi tertentu bisa jadi berbahaya, berikut cara aman memakainya:

1. Selalu sesuaikan dengan petunjuk pemakaian,

Sebelum digunakan pastikan membaca petunjuk pemakaian yang biasanya tercantum di bagian belakang kemasan detergen apapun. Pahami dengan baik sebab terdapat beberapa bagian yang mencantumkan bahaya bila terjadi kontak dengan mata ataupun masuk ke tubuh. Pastikan digunakan sesuai kebutuhan sehingga tidak digunakan untuk keperluan lain selain mencuci baju.

2. Menyimpannya dengan baik di tempat aman,

Detergen yang sudah dipakai dan sisanya masih bisa digunakan lagi untuk mencuci berikutnya perlu disimpan dengan seksama. Pastikan disimpan dalam keadaan tertutup rapat sebagai bagian dari tips cuci baju dengan benar, itulah mengapa perlu menyediakan wadah khusus. Apabila masih di dalam kemasan plastiknya maka ikat ujung plastik yang terbuka sebab aroma detergen bisa mempengaruhi minuman maupun makanan. Simpan di tempat kering kemudian jauh dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Dikhawatirkan tertelan karena tidak tahu itu detergen sehingga ada resiko kematian bila masuk ke dalam tubuh.

3. Hindari penggunaan bersama pemutih pakaian,
Menjaga baju warna putih selalu putih dan bersih biasanya Kita mencucinya dengan pemutih, namun pastikan dipisahkan dengan detergen. Artinya Kita tidak diperkenankan mencuci bersamaan antara pemutih dengan detergen. Sebab pemutih mengandung ammonia yang apabila berinteraksi dengan detergen akan membentuk gas beracun. Berada di ruangan khusus mencuci dan ternyata terbentuk gas berbahaya ini akan sangat merugikan dan mengancam keselamatan. Maka, dianjurkan pencucian baju putih dipisahkan sehingga menghindari kemungkinan terburuk tersebut.

4. Pastikan mencuci tangan usai mencuci baju,

Detergen bagaimanapun juga mengandung bahan kimia tertentu yang fungsi sebenarnya membantu melarutkan noda dan kotoran pada baju. Bersentuhan langsung dengan kulit manusia memang akan tetap aman asalkan tidak terlalu lama. Bila usai mencuci pastikan membasuh tangan dengan sabun, sebab sisa detergen pada kulit bisa menciptakan sensasi panas sampai gatal. Apabila muncul rasa gatal dan kulit mengelupas tandanya detergen yang dipakai terlalu keras, beralihlah kepada Rinso. Formulanya dijamin aman untuk menjalankan tips mencuci baju yang baik namun pastikan tetap digunakan sesuai dengan aturan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *