asuransi perjalanan

Tips Mengurus Visa Schengen Untuk Anak di Bawah Umur

Visa Schengen untuk Anak 

Berlibur ke Eropa paling menyenangkan bila bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Kita leluasa menikmati keindahan tempat wisata bersama orang-orang terdekat. Keluarga muda yang berlibur ke Eropa pasti mengajak anak-anak di bawah umur untuk ikut berlibur.

asuransi perjalanan anak

Hingga saat ini, masih banyak orang yang bingung mengenai cara mengurus visa Schengen untuk anak di bawah umur. Padahal proses pengurusannya sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa berkas berikut ini agar pengurusan visa Schengen anak berlangsung lancar :

Akte Lahir

Akte lahir adalah syarat utama pembuatan visa Schengen. Selain menyiapkan akte lahir asli, jangan lupa pula dengan beberapa lembar fotokopi akte lahir tersebut. Biasanya fotokopi akte lahir akan digunakan untuk berbagai lampiran dokumen penting.

Buku Nikah Orang Tua

Ternyata buku nikah orang tua juga mesti dilampirkan bila akan mengurus visa Schengen untuk anak. Siapkan buku nikah asli dan fotokopi buku nikah secara lengkap. Pastikan bahwa semua identitas dan tanda tangan pejabat dalam buku nikah sudah difotokopi secara benar untuk memudahkan proses pengurusan visa.

Surat Izin dari Orang Tua

Jika ada salah satu orang tua yang tidak ikut pergi ke Eropa, maka orang tua tersebut wajib membuat surat izin. Surat izin kemudian harus mendapatkan cap resmi dari catatan sipil atau notaris.

Akte Kematian Orang Tua

Bila salah satu orang tua sudah meninggal, kita juga wajib melampirkan akte kematian dan fotokopinya sebagai syarat pembuatan visa anak. Dengan demikian, kita tidak akan mengalami kesulitan perizinan untuk mendapatkan visa Schengen.

Surat Hak Perwalian dari Orang Tua

Lain lagi halnya bila orang tua sudah bercerai dan ingin mengurus visa Schengen anak. Kita mesti melampirkan surat hak perwalian orang tua sebagai salah satu syarat. Supaya kita tidak dituduh membawa lari anak –anak di bawah umur tanpa izin walinya.

Semua dokumen tersebut mesti disiapkan secara cermat sebelum memasuki wilayah Schengen. Selain itu, asuransi perjalanan ke Schengen tak hanya dibutuhkan oleh orang tua. Kita juga wajib mengurus asuransi perjalanan untuk anak-anak. Lihat asuransi perjalanan ke Schengen di sini, di Futuready. Pilihan asuransi di supermarket asuransi tersebut akan mendukung kebutuhan kita dan anak. Perjalanan ke Eropa pun pasti lancar dan menyenangkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *