10 Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

10 Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

10 Tips Belanja Online di Bulan Ramadhan

Belanja online bulan Ramadhan – Sudah jadi semacam tradisi bahwa umat Muslim Indonesia akan membeli baju baru kala Lebaran tiba. Walau tidak ada aturan atau perintah yang tertulis dalam Al Quran, namun membeli baju baru telah jadi hal yang lumrah dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kini, kita tidak hanya bisa membeli baju secara offline namun juga online. Belanja online bulan Ramadhan harus memperhatikan aneka tips berikut agar bisa semakin nyaman dan puas.

promo belanja online Ramadhan

  1. Banyak toko online yang menawarkan diskon khusus selama bulan Ramadhan. Rajin kunjungi beragam toko online ini agar kita tidak sampai ketinggalan promo atau tawaran diskon terbaru. Mulai dari gratis ongkos kirim hingga potongan harga mencapai 50 persen, semua bisa kita dapatkan dan pastinya akan sangat menghemat pengeluaran.
  2. Belanja hanya di toko yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi bagus. Cek testimoni pembeli terdahulu dan pastikan ada cukup banyak testimoni positif yang akan semakin meyakinkan kita bahwa toko tersebut memang bisa dipercaya.
  3. Saat membeli pakaian, pastikan kita mencermati keterangan ukuran, bahan hingga warna dengan saksama. Ini penting agar tidak menyesal nantinya saat pakaian yang datang agak berbeda dari yang terpampang di situs online.
  4. Belilah pakaian di toko yang sama bersama dengan anggota keluarga atau teman-teman sekaligus. Ini karena ada promo belanja online Ramadhan yang mensyaratkan minimal pembelian tertentu. Agar bisa mencapai angka minimal pembelian, salah satu caranya adalah belanja beramai-ramai dengan beberapa orang sekaligus.
  5. Harga yang tertera di website belum termasuk ongkos kirim ke alamat masing-masing. Pilih toko online yang masih berada di satu kawasan provinsi atau pulau yang sama agar ongkos kirimnya tak terlalu mencekik.
  6. Kita bisa membuat daftar barang apa saja yang hendak dibeli secara online, misalnya gamis, baju koko, sarung, sajadah dan lain-lain. Tentukan skala prioritas dan beli terlebih dahulu barang atau pakaian yang ada di puncak dari skala prioritas tersebut.
  7. Prioritaskan barang yang memang akan digunakan kala Lebaran tiba, misalnya gamis, mukena, sajadah, baju koko, sarung dan lain-lain. Ini karena barang-barang tersebutlah yang memang akan dibeli untuk dikenakan.
  8. Walau harga barang yang dijual online akan jauh lebih murah berkat adanya diskon, namun tetap jaga diri agar jangan sampai kalap dan memborong lebih dari kebutuhan. Tetap patuh pada skala prioritas dan beli hanya barang-barang yang memang dibutuhkan dan nantinya pasti akan dipakai.
  9. Hindari membeli barang secara online mendekati Hari Raya Lebaran karena pengiriman menggunakan jasa ekspedisi biasanya akan mengalami overload. Ini akan membuat waktu yang dibutuhkan untuk pakaian tersebut agar sampai ke rumah akan semakin lama. Belilah baju atau barang kebutuhan lain pada hari-hari awal bulan Ramadhan.
  10. Terakhir, tetap ingat bahwa esensi dari Hari Raya Idul Fitri bukanlah baju baru melainkan hati yang baru dan kembali bersih seperti bayi yang baru terlahir ke dunia. Jangan terlalu berfokus pada pembelian baju baru, namun fokuslah beribadah dan mencari pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci ini.

Itulah ragam tips yang bisa dijalankan saat kita berbelanja online pada bulan Ramadhan. Banyak promo belanja online bulan puasa yang memang mengincar kaum Muslim yang akan segera merayakan Hari Raya. Kita bisa memanfaatkan semua promo tersebut tanpa melupakan hakikat dari Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal.

Baca Juga : Tips Jitu Belanja Online Bulan Ramadhan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *