Hidup Sehat dengan Memilih Menu Sarapan yang Tepat

Hidup Sehat dengan Memilih Menu Sarapan yang Tepat

Sarapan adalah waktu makan yang jangan sampai terlewat untuk dilakukan. Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak sarapan. Dari sarapan kita bisa mendapatkan asupan anergi agar menjalani aktivitas seharian dapat dengan lancar dan tidak sampai kelelahan berlebih. Bayangkan jika kita tidak mendapatkan energi yang cukup kemudian beraktivitas banyak, tentu ternaga semakin terkuras habis, kita menjadi lemas sehingga kegiatan penting lainnya tidak bisa dikerjakan dengan optimal. Oleh sebab itulah penting untuk kita sarapan sebagai bagian dari langkah hidup sehat. Nah, sarapan pun juga penting untuk memperhatikan pilihan menu yang tepat. Kenapa demikian ? Menu sarapan sehat bukan hanya akan memberikan asupan energi untuk kita, namun juga memberikan dampak positif yang besar untuk kesehatan kita. Jadi, jangan sampai salah memilih menu sarapan.

Lalu, menu seperti apa yang tepat untuk sarapan ? Jangan mengira bahwa semua makanan yang mengandung karbohidrat adalah menu terbaik sarapan untuk hidup sehat. Karbohidrat ada dua jenis, biasa dan kompleks. Karbohidrat biasa seperti roti tawar, nasi putih bisa memucuy kadar insulin ataupun meningkatnya gula darah. Bukan tidak sehat, namun kurang sehat. Karena masih ada yang lebih baik, yakni sumber karbohidrat kompleks seperi nasi merah, roti gandum, oatmeal. Selain itu, sarapan yang sehat juga jangan lupa untuk turut menyertakan konsumsi serat yang bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Selain karbohidrat dan serat, zat gizi lainnya yang perlu untuk dicukupi lewat konsumsi sarapan yang sehat adalah protein. Protein berperan penting untuk menjaga stamina agar aktivitas seharian bisa terjalankan dengan optimal.

Beberapa rekomendasi menu sarapan yang tepat dipilih untuk menerapkan pola hidup sehat antara lainnya adalah : satu butir telur rebus dan satu buah pisang, jus pisang dengan susu rendah lemak dan selembar roti gandum, sereal dengan buah dan susu rendah lemak, yogurt rendah lemak dengan campuran buah-buahan, beberapa porsi buah segar, roti gandum panggang dengan susu coklat, dan masih banyak lainnya. Memang makanan berlemak tinggi tidaklah disarankan untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Jadi sebisa mungkin hindari dan pilih makanan yang lebih rendah lemak. Selain itu, usahakan untuk sarapan tanpa terburu-buru. Duduklah dengan tenang di meja makan saat sarapan.

Posting Komentar