Panduan Untuk Mengerti Fungsi VPS Sepenuhnya

Panduan Untuk Mengerti Fungsi VPS Sepenuhnya

Associated with

Fungsi VPS

Server adalah salah satu bagian yang penting dalam sebuah dunia domain dan hosting. Sebagian besar orang yang awam terhadap dunia website pasti belum terlalu memahami tentang adanya VPS. Mereka hanya mengenal tentang adanya shared hosting, karena memang ditawarkan dengan harga terjangkau pada setiap layanan yang diberikan oleh suatu provider hosting

Tidak seperti shared hosting yang melakukan pembagian terhadap resource, maka VPS tidak melakukan hal tersebut. Pengguna yang satu dengan lainnya tidak akan merasakan gangguan saat ada salah satu pengguna yang sedang mengalami macet akibat website mendadak traffic tinggi. Perlu untuk memahami tentang definisi dan juga fungsi dari VPS. 

Definisi VPS 

VPS memiliki kepanjangan berupa Virtual Private Server yang mana sebuah server penyimpanan data dalam dunia website. VPS merupakan sebuah virtualisasi hardware yang memiliki wujud fisik dan dibagi resource sebagai bentuk limitasi setiap pengguna layanan. 

Dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai tempat menyimpan data, maka sebuah VPS dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Beberapa fitur yang sering dipakai adalah Virtual Server Manager dan sistem keamanan berlapis. 

Peranan VPS dalam Sebuah Website 

Menggunakan VPS tidak hanya semata-mata bertujuan menyimpan data, karena masih ada banyak lagi peranan penting dari VPS. Seluruh peranan tersebut dapat kamu ketahui di sini. 

1. Menaikkan Traffic Website 

Semua pemilik website selalu mendambakan memiliki traffic yang tinggi. Namun, berlangganan shared hosting sangat tidak mendukung penggunaan dengan traffic yang tinggi, karena server bisa down saat ada pengguna lain yang juga sedang mengalami peningkatan traffic juga. Salah-salah website dapat mengalami suspensi saat mengganggu pengguna lain. 

Perusahaan dengan skala menengah tidak akan menggunakan jenis server shared hosting. Mereka lebih memilih berlangganan VPS murah. Apabila sekarang website yang dimiliki terdaftar dalam penggunaan shared hosting, maka kamu dapat melakukan transfer server. Pastikan untuk mengecek bagian statistic traffic website secara berkala sebelum memutuskan berpindah server. 

2. Kendali Penuh terhadap Website 

Sebuah VPS dilengkapi dengan Virtual Server Manager yang memungkinkan pengelolaan performa server. Ini bisa dipakai untuk mendirikan sebuah usaha pribadi berupa jasa pembuatan website dan pengembangannya. 

Pada skala awal, kamu dapat memakai sebuah VPS dalam skala awal, karena harga yang jauh lebih terjangkau daripada menggunakan dedicated server. Menggunakan sebuah VPS memungkinkan dalam kendali penuh terhadap banyak klien-klien. 

3. Membuat Sebuah Layanan Penyimpanan File Online 

Kamu pasti sudah familiar mendengarkan berbagai layanan penyimpanan file online berupa Dropbox, Zippy Share, dan Google Drive. Itu hanya merupakan segelintir dari layanan penyimpanan file secara online. Apabila kamu menggunakan VPS dan memiliki kemampuan dalam bidang IT, maka bisa membuat layanan online yang serupa. 

VPS memungkinkan untuk melakukan pengaturan terhadap setiap klien yang menggunakan jasa kamu. File yang disimpan secara online bisa berupa file dengan ukuran besar. Kamu akan bisa membuatkan opsi kepada klien, agar dapat melakukan akses pribadi atau dapat diakses oleh pengguna lain. 

Seluruh layanan penyimpanan file online tidak akan bisa diwujudkan menggunakan shared hosting. Selain itu, VPS memungkinkan untuk penyimpanan back up, film, foto, software, dan lain sebagainya yang berukuran besar. 

4. Kemudahan Akses 

Menyimpan data dalam sebuah flashdisk bisa rentan hilang atau data mengalami corrupt. Namun, menyimpan data dalam VPS yang sudah dilengkapi dengan Cloud Backup sangat aman. Tidak lagi perlu khawatir data dapat hilang maupun mengalami corrupt. 

Kamu juga akan bisa melakukan akses darimana saja asalkan memiliki koneksi internet. Jadi tidak perlu bawa-bawa flashdisk maupun eksternal harddisk yang berpotensi ketinggalan. 

5. Bisa Dipakai Sebagai VPN 

Kamu yang berlangganan pada sebuah VPS dapat menjadikannya sebagai VPN yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN ini mampu menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya melalui sebuah internet. Namun, VPN ini tidak sembarang orang yang dapat mengaksesnya. 

VPS yang difungsikan sebagai VPN biasa dipakai dalam suatu perusahaan maupun organisasi. Orang-orang yang dapat mengaksesnya hanya yang menjadi karyawan maupun anggota. Biasanya sebuah perusahaan maupun organisasi menjadikan VPS sebuah VPN dalam rangka menyimpan data dan sharing data secara aman. 

6. Server Percobaan Aplikasi dan Software 

Pengembang software maupun aplikasi sering menggunakan VPS sebagai server percobaan. Hal ini sangat penting dalam mengetahui apakah terdapat bug atau masalah yang perlu diselesaikan sebelum dilepas ke konsumen. 

Apabila memiliki budget lebih, bisa saja menggunakan dedicated server sebagai pengganti VPS. Memang ada harga yang harus dibayar jika ingin menggunakan dedicated server dan itu sudah pasti tidak murah. 

Anda sudah memahami fungsi dari VPS dengan sangat lengkap dan tertarik untuk menggunakannya. Pesan saja langsung hanya di Domainesia. Apalagi sekarang sedang ada promo untuk beberapa paket VPS-nya. Kesempatan mendapatkan VPS berkualitas dengan harga lebih terjangkau hanya ada saat ini.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.

Recent Post