5 Soto Paling Akrab di Telinga, Mana Yang Paling Kamu Suka

Soto lamongan dengan taburan bumbu koya

Soto lamongan dengan taburan bumbu koya yang khas 

Di antara makanan khas Indonesia, bisa jadi yang paling banyak jenisnya tapi punya nama sama adalah Soto. Biarpun namanya sama-sama soto, tetapi berbeda kota maka beda pula jenis soto khas-nya. Tidak hanya dari segi bahan yang berbeda, tetapi juga citarasa yang dihasilkan oleh masing-masing soto amatlah beda antara satu dengan yang lain.

Jika ditotal, ada ratusan jenis soto yang ada di negeri ini. Tetapi di antara banyaknya pilihan, lima soto berikut ini adalah yang namanya paling akrab ditelinga dan sudah populer hingga ke manca negara.

Soto Bandung enak

1. Soto Bandung

Sekilas, penampakan soto bandung tak jauh beda dengan soto lainnya. Namun begitu kamu menyendok isiannya, maka akan kamu temukan hal-hal unik di dalamnya. Tidak hanya berbahan daging dan kuah, soto Bandung juga dilengkapi dengan irisan lobak, tomat dan kedelai goreng.

Kuah soto Bandung cenderung bening dan cocok jadi teman sarapan. Disantap panas-panas,dengan atau tanpa nasi, soto ini akan menenangkan perut setelah perjalanan panjang dan melelahkan.

Soto Lamongan Sedaap

2. Soto Lamongan

Soto yang satu ini memiliki ciri khas kuahnya yang kental dan tidak bening. Bahan utamanya adalah ayam, dengan tambahan bawang goreng, bihun, telur rebus dan koya yang terbuat dari kerupuk ikan yang dihaluskan.

Soto ini sangat populer di Jawa Timur dan mudah ditemukan di mana-mana. Tapi yang paling lezat tentu soto Lamongan yang dicicip di daerah asalnya.

Mudah saja menuju Lamongan, kamu bisa naik bus Lorena yang punya rute ke kota ini. Ada banyak pilihan penjual soto yang bisa kamu icip di sana. Dan karena kotanya yang tak terlalu besar, menemukan penjual soto di Lamongan bukanlah hal yang sulit.

Soto Kudus yang enak

3. Soto Kudus

Soto yang satu ini sangat unik, karena biasanya terbuat dari daging kerbau. Ya, bukan sapi, melainkan berbahan dasar daging kerbau yang punya tekstur unik.  Jika ragu dengan rasa kerbau, kamu bisa memilih isian ayam.  Kuah soto Kudus bening, dengan pelengkap taoge dan krupuk yang khas.

Soto Betawi mantap

 

4. Soto Betawi

Naik bus Lorena ke Jakarta, jangan lupa mampir mencicip soto Betawi. Kuah santannya yang kental dan potongan daging sapi atau jerohan yang ada di dalamnya pasti membuatmu ingin tambah lagi.

Meski kuahnya kental dengan santan, tetapi citarasa soto Betawi cukup segar. Tambahan irisan tomat yang ada di dalam soto ini membuat nuansa rasanya jadi lebih ringan meski santannya kental.

Soto khas madura

5. Soto Madura

Meski namanya soto Madura, tetapi makanan yang satu ini sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Bahan utama dari soto Madura adalah daging sapi, yang kadang ditambah dengan babat.

Kuah soto Madura cenderung bening, dengan tambahan isi sayur kubis yang sudah dipotong dan kecambah segar. Setelah itu soto diguyur dengan koya yang terbuat dari kelapa yang disangrai, membuat rasanya jadi gurih dan sedap.

Tak perlu jauh ke Madura untuk mencicip soto khas Pulau Garam ini. Cukup naik bus Lorena ke Surabaya, dan kamu akan menemukan ratusan warung soto Madura yang lezat dan ngangenin.

Nah, di antara beberapa pilihan di atas, mana soto yang paling kamu suka?




WhatsApp chat