Baru Pertama Kali Belanja Online

Baru Pertama Kali Belanja Online? Ikuti Tips Ini Agar Aman

Baru Pertama Kali Belanja Online? Ikuti Tips Ini Agar Aman

Di zaman yang serba digital ini berbelanja secara online menjadi pilihan banyak orang. Tak perlu jauh-jauh datang ke toko, cukup melakukannya dari rumah, pilih barang, dan klik barang pilihan, Anda sudah bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan. Terlebih lagi, transaksinya pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah hanya melalui transfer.

Meski memberi kenyamanan dan kemudahan, seringkali hal ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan dengan membuat rugi, baik konsumen maupun penjual. Banyaknya kasus penipuan jual-beli online hingga kasus pencurian identitas membuat orang-orang menjadi pikir-pikir kembali untuk membeli barang secara online. Apalagi, bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pembelian secara online.

Pertama Kali Belanja Online

Untuk itu, berikut ini kami beberapa tips untuk membantu Anda melakukan belanja online secara aman dan nyaman. Simak yang berikut.

  1. Lakukan pengecekan pada situs website tempat belanja Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli barang yang dijual sebuah toko online, sebaiknya Anda teliti lebih dalam toko tersebut. Periksa seluruh informasi yang tertera, mulai dari nomor telepon, email, dan lainnya. Jika tidak meyakinkan, sebaiknya carilah review via situs pencarian.

  1. Pastikan situs belanja yang Anda pilih telah terenkripsi SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah alat yang bisa memberikan privasi ketika Anda memberikan informasi data dalam sebuah situs. Cara paling mudah mengetahui sebuah situs terenkripsi SSL, yaitu jika URL diawali dengan “https://” bukan “http://”

  1. Lindungi komputer Anda

Pastikan komputer atau smartphone Anda terlindungi antivirus dan pastikan antivirus tersebut aktif. Hal ini guna perangkat Anda terlindungi dari virus, seperti Malware atau Spyware yang dapat membuka peluang orang mencuri identitas pribadi Anda.

  1. Jangan mudah tergoda barang murah

Jangan terburu-buru jatuh hati pada barang-barang dengan harga yang cenderung murah dan tidak masuk akal. Sebab, biasanya online shop nakal akan mempromosikan produknya dengan bandrol harga murah agar menarik perhatian calon konsumen.

  1. Simpan bukti transaksi

Sebelum barang sampai ke tangan Anda, jangan pernah buang bukti transfer, bukti transaksi via message atau chat, kuitansi digital, hingga salinan email antara Anda dan penjual. Sebab, ini bisa menjadi barang bukti kuat apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Periksa laporan rekening

Periksa kembali rekening Anda setelah melakukan transaksi belanja online. Lakukan beberapa kali hingga Anda merasa yakin, bahwa uang yang Anda bayarkan kepada penjual sesuai dengan jumlah yang berkurang dari rekening Anda. Cek secara detail apakah ada transaksi lain atau tidak.

Demikian beberapa tips aman berbelanja online. Hal di atas ini sangat penting untuk Anda perhatikan, agar selalu terhindar dari penipuan digital.

Baca Juga : https://www.kabarwaras.com/klasifikasi-toko-online-sebelum-belanja-online/




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat