Ingin Belanja Online?Tapi Takut Kena Tipu,Berikut Tipsnya?

Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Siapa yang tidak suka dengan belanja online, di era yang semakin maju ini, dunia internet semakin pesatnya khusus dalam dunia belanja online yang makin hari makin luas. Sudah banyak situs-situs belanja online ecommerce yang menjual barang-barangnya secara online. diantaranya adalah situs belanja online yang aman,mudah dan dapat di percaya salah satunya adalah di bukalapak. Dan masih banyak lagi situs belanja online yang dapat di percaya. Nah bagaimana kalau belanja online melalui social media, Facebook, Twitter, BBM, Google+
Ingin tahu tipsnya belanja online yang aman dan tidak takut kena tipu? Untuk belanja online melalui Facebook juga bisa di percaya lho, caranya Anda pastikan dulu nama toko, penjualnya. dan bagaimana review dari pembeli yang sudah pernah melakukan pembelian melalui facebook. Akan tetapi pastikan bahwa Anda jangan sekali-kali mencoba untuk mentransfer uang kepada si penjual karena terkadang bisa juga Anda kena tipu? Setelah mentarnsfer, si penjual menghapus nama akunnya. Pastikan dalam berbelanja online cari tahu dulu asal usul pengguna facebook tersebut. Jangan mudah percaya oleh promo, dan harga yang kurang wajar dari harga barang aslinya. Biasanya harga sebuah barang tidak terlalu murah, dan tidak terlalu mahal untuk setiap produk yang sedang di buat promo.
Rekening pribadi atau perusahaan
Saat melakukan transaksi jual-beli online, hindari mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah website yang memiliki rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah pasti lebih terjamin. Rekening ini biasanya disebut dengan rekening bersama (rekber) atau escrow system, yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli, serta bisa meminimalisir tindakan penipuan.
Cara kerjanya, uang yang ditransfer oleh pembeli akan tertahan pada pihak perantara hingga barang sampai ke tangan pembeli. Saat barang sudah sampai ke pembeli dengan kondisi yang baik, barulah dana yang dibayarkan pembeli, diterima oleh pihak penjual.

Cek kredibilitas penjual

Konsumen bisa menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari toko yang bersangkutan.

Jika review yang diberikan pembeli positif, silakan lanjutkan bertransaksi di toko tersebut. Namun jika sebaliknya, lebih baik cari toko online lain yang menjual produk tersebut.

Periksa kembali pesanan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kembali bahwa produk yang di pesan sudah sesuai. Selain itu, pastikan memasukkan alamat dan nomor telepon dengan benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat proses pengiriman barang.

Asuransikan

Baiknya minta penjual menambahkan asuransi di pengiriman. Lebih baik bayar lebih untuk biaya asuransi tersebut, yang penting pesanan datang dalam kondisi yang baik.

Simpan bukti transaksi

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kita wajib menyimpan bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan dengan penjual, hingga transaksi benar-benar selesai. Jadi apabila terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan belum menerima pembayaran, pembeli bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut kepada penjual.

Semoga saran-saran di atas dapat membantu dalam kegiatan jual beli online. Selamat belanja online




2 thoughts on “Ingin Belanja Online?Tapi Takut Kena Tipu,Berikut Tipsnya?

  1. Health Benefits of Coconut Oil

    I’m truly enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come
    here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Outstanding work!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat