Belanja Online di Bulan Ramadhan 2017

Tips Jitu Belanja Online di Bulan Ramadhan 2018

Belanja Online di Bulan Ramadhan 2018

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempermudah kehidupan manusia. Apalagi sejak ada internet. Kita bisa melakukan semua hal yang diinginkan walau hanya duduk sambil memegang gadget, contohnya berbelanja. Kita bisa membeli apapun yang diinginkan tanpa harus ke toko atau supermarket dan mengantre lama di kasir. Belanja online di bulan Ramadhan 2018 sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Untuk mendapatkan segala macam barang kita bisa mengunjungi toko online atau aplikasi jual beli yang menjamur di internet. Sayangnya, di balik kemudahan berbelanja online ada beberapa risiko yang bisa didapat dari berbelanja secara online.

Beberapa risiko dari berbelanja online antara lain:

  • Barang yang ada di foto atau katalog online tidak sesuai dengan barang asli.
  • Banyak pemilik toko online yang menipu. Barang tidak kunjung dikirim meski uang sudah ditransfer.
  • Pembeli di toko online juga sering menipu dengan cara mengirimkan bukti transfer uang yang palsu.
  • Waktu pengiriman barang yang lama. Apalagi jika barang tersebut dikirim dari luar negeri. Barang bisa sampai di tangan pembeli setidaknya satu bulan setelah transaksi.

Untuk mengurangi risiko tersebut, ada beberapa tips belanja online di bulan Ramadhan 2017 yang patut diterapkan agar belanja online selalu aman dan barang yang dibeli sesuai harapan.

1.  Cek Toko Online
Jika kita melakukan belanja online di bulan Ramadhan 2018 melalui online shop yang ada di sosial media seperti Instagram atau Facebook, sebaiknya lakukan riset mengenai toko tersebut. Pastikan nomor telepon, alamat email, ID line atau pin BBM yang tercantum di biodata bisa dihubungi. Kita juga harus tahu ada di kota mana toko online tersebut. Jangan lupa membaca review atau testimoni dari orang-orang yang pernah berbelanja di toko online tersebut.

2. Aplikasi Jual Beli Lebih Aman
Belanja online melalui aplikasi jual beli seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain-lain lebih aman dibandingkan berbelanja di toko online yang ada di sosial media. Mengapa? Karena aplikasi jual beli tersebut menerapkan sistem yang aman yang mana uang yang ditransfer oleh pembeli akan masuk ke rekening pemilik toko online jika barang sudah sampai. Jika ternyata barang tidak sampai pembeli bisa menarik uang tersebut. Sistem tersebut terbukti mengurangi risiko penipuan belanja online.
Selain itu, aplikasi jual beli sering kali mengadakan promo potongan harga secara besar-besaran dan gratis ongkos kirim pada hari spesial seperti Ramadhan dan Lebaran. Sehingga, belanja online di bulan Ramadhan 2017 justru lebih menghemat pengeluaran.

3. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat
Metode pembayaran online shop bisa dilakukan melalui kartu kredit. Namun, banyak kasus pencurian nomor kartu kredit saat berbelanja online. Sebaiknya pilih metode pembayaran yang aman seperti transfer bank, PayPal atau COD atau bayar di tempat.

Baca Juga : https://www.kabarwaras.com/10-tips-belanja-online-di-bulan-ramadhan/




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat