bikin usaha sesuai keahlian

Bikin Usaha Sesuai Keahlian Tanpa Modal

Bikin Usaha Sesuai Keahlian Tanpa Modal

Memulai usaha bisa jadi solusi bagi sebagian orang yang ingin menambah penghasilannya. Namun, terkadang memulai usaha akan terhalang modal. Dana awal yang besar memang akan menghalangi seseorang dalam memulai usaha. Pada akhirnya rencana untuk memulai usaha akan batal dan tidak terlaksana. Namun, sebenarnya ada beberapa macam usaha yang dapat kita jalankan dengan modal sangat sedikit, bahkan tanpa modal sama sekali. Usaha-usaha ini adalah usaha jasa sehingga akan membutuhkan keahlian kita sebagai modal utamanya. Tentunya kita butuh untuk menyadari dan memahami terlebih dahulu keahlian kita, kemudian berusaha memaksimalkannya agar bisa dijadikan modal usaha. Berikut adalah aneka usaha yang bisa dijalankan dengan modal keahlian masing-masing.

bikin usaha sesuai keahlianmu

1. Menjadi seorang fotografer memiliki peluang besar untuk sukses. Kita butuh keahlian fotografi serta pastinya kamera profesional. Keahlian fotografi akan mengantar kita untuk membuka studio foto hingga menjual foto di situs-situs online. Jual beli foto ini termasuk usaha yang belum banyak diketahui namun memiliki potensi keuntungan besar. Situs-situs seperti iStockPhoto adalah tempat yang umum digunakan sebagai tempat jual beli foto. Tentunya foto yang dijual harus memiliki kualitas bagus dan resolusi tinggi.

2. Berikutnya ada lagi usaha menjadi penulis online. Termasuk di antaranya adalah menjadi content writer, kontributor majalah, dan lain-lain. Usaha ini hanya memerlukan kemampuan kita dalam menulis. Tidak ada modal dana yang dibutuhkan sama sekali.

3. Keahlian dalam menjual barang secara online dapat dimanfaatkan dengan menjadi dropshipper. Tidak seperti cara jual beli lain yang membutuhkan dana besar untuk modal awal, maka dalam dropshipper hampir tidak ada dana yang dibutuhkan. Tugas kita hanya meneruskan pesanan dari pembeli pada supplier. Pihak supplier yang akan mengemas barang dan mengirimkannya pada pembeli atas nama kita sebagai penjual. Sudah banyak yang menekuni bisnis ini karena mudah, fleksibel dan tetap menguntungkan. Dropshipper juga bisa dilakukan sebagai usaha awal secara online karena nyaris tidak membutuhkan modal sama sekali.

4. Keahlian lainnya yang bisa kita jual adalah keahlian dalam bidang desain. Banyak pekerjaan yang menanti dengan keahlian pada bidang ini. Mulai dari desain pakaian, desain aneka aksesoris hingga desain website. Kita bisa menjual desain pada vendor atau bekerjasama dengan vendor dalam menjual produk dengan desain buatan kita. Sementara untuk desain website salah satunya adalah membuat template blog. Aneka platform blog seperti WordPress atau Blogger memang menyediakan template gratis, akan tetapi tidak semua orang puas dengan template gratisan ini. Banyak blogger yang rela merogoh lebih banyak uang untuk membeli template berbayar. Peluang inilah yang bisa kita ambil untuk menjual template yang dibuat sendiri.

Itulah beberapa usaha yang bisa dimulai tanpa modal dan tentunya tetap menguntungkan. Kita bisa menjalankan aneka usaha tersebut mulai dari sekarang juga. Yang terpenting dari bisnis adalah menyediakan layanan prima serta produk atau jasa berkualitas agar konsumen tetap setia dan terus mau menggunakan jasa atau produk yang kita tawarkan. Promosi juga penting dilakukan agar ada semakin banyak orang mengetahui usaha kita serta tertarik mencoba. Kita juga bisa memberlakukan aneka penawaran menarik seperti diskon untuk pembelian pertama, potongan harga di hari-hari khusus dan lain sebagainya. Bukan tidak mungkin usaha yang dimulai tanpa modal ini akan mendatangkan keuntungan besar ke depannya dan menjadi sumber mata pencaharian utama.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *