Arsitektur Megah Candi di Yogyakarta Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta

Arsitektur Megah Candi di Yogyakarta Prambanan

Bagi Anda pecinta arsitektur masa lampau yang berbau sejarah tentunya Anda tidak akan melewatkan berbagai arsitektur mengesankan candi-candi yang ada di indonesia. Ada banyak candi yang dapat ditemukan di Indonesia sebagai bukti sejarah peradaban manusia di Indonesia pada masa lampau. Di Yogyakarta Prambanan Anda akan menjumpai candi Prambanan yang dipengaruhi oleh arsitektur hindu yang sangat kental. Bangunannya yang menjulang dan tidak terlalu lebar namun meruncing ke atas. Detail penyusunan batu, pahatan dan relief yang menyertainya membuat takjub siapapun yang melihatnya. Akurasi dan seni yang tinggi dan dibuat di masa dimana belum ada alat berat canggih yang ditemukan merupakan mahakarya yang luar biasa.
Pada masa penemuannya, candi ini sempat ditelantarkan bahkan dijarah oleh beberapa oknum dan batu-batunya dijadikan sebagai pondasi rumah-rumah warga. Pemugaran serius baru dilakukan pada awal tahun 1900-an dan terus berlanjut hingga tahun 1993. Pada tahun 1953, pemugaran candi Siwa telah rampung dan disahkan oleh presiden pertama republik Indonesia. Situs ini disahkan sebagai salah satu kekayaan dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi di Yogyakarta Prambanan ini dibangun berdasarkan pedoman kitab Wastu Sastra yang mengangkat tradisi arsitektur hindu yang kental. Bentuk candi merupakan mentuk MAndala, yang bercirikan bentuk candi yang tinggi menjulang. Candi ini dibangun menyerupai rumah Siwa dengan latar belakang bentuk mengikuti bentuk gunung Mahameru yaitu tempat yang dipercaya dimana para dewa bersemayam. Seluruh situs candi ini dibangun dengan susunan candi yang mengikuti konsep kosmologi hindu dimana bangunan dibagi menjadi beberapa lapisan ranah atau loka.

Yogyakarta Prambanan
Denah loka atau ranah dibagi menjadi tiga zona, Bhurloka yaitu ranah terendah yang dihuni makhluk fana, kemudian Bwahloka yang menggambarkan alam tengah dimana merupakan ranah yang ditempati orang suci, pertapa, dan dewa rendah, serta Swahloka yang merupakan ranah tertinggi dan merupakan tempat yang paling suci dimana dewa bersemayam. Tiap tiap candi yang bertempat di Yogyakarta Prambanan ini dihiasi pahatan relief yang menggambarkan kisah-kisah epos ajaran hindu seperti kisah ramayana dan krishnayana. Ukiran indah ini terdapat pada dinding sebelah dalam yang disusun seperti sebuah galeri pada 3 candi utama Prambanan. Betapa konsep arsitektur yang indah bukan?
Jika Anda ingin mengetahui mengenai candi dan wisata sekitar Yogyakarta Prambanan, Anda dapat menggunakan laman Indonesia Travel sebagai salah satu tempat mecari informasi terlengkap. Anda dapat mendapati berbagai wisata menarik seperti beberapa candi yang terletak berdekatan disekitaran candi Prambanan serta berbagai situs sejarah lain yang menyuguhkan pemandangan alam eksotis dan wisata sejarah dengan arsitektur yang mengagumkan. Mari berwisata di dalam negeri dan mengenal keindahan negeri sendiri. Selamat menjelajah!



One thought on “Arsitektur Megah Candi di Yogyakarta Prambanan

  1. Coconut Oil Benefits

    I have been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like
    yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made good content
    as you did, the net will be much more useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat