Candi Prambanan | Wisata Yogyakarta Prambanan Yang Paling Terkenal

Wisata Yogyakarta Prambanan

Wisata Yogyakarta Prambanan yang Paling Terkenal

Jika kita berbicara mengenai wisata di daerah Yogyakarta, kita akan menemukan berbagai macam destinasi dengan berbagai tipe yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita. Salah satu wisata yang terkenal adalah wisata sejarah. Sebagai pusat dari salah satu kerajaan besar di pulau Jawa, Yogyakarta menyimpan berbagai situs sejarah yang dapat Anda kunjungi salah satunya di daerah Yogyakarta Prambanan. Di daerah ini Anda akan menemukan berbagai situs candi yang berdekatan satu sama lain. Gaya candi di daerah ini adalah candi hindu yang berjaya pada masanya.

Berbicara mengenai candi yang ada di daerah Yogyakarta Prambanan pastinya tidak lepas dari candi yang paling terkenal. Ya, candi Prambanan merupakan candi yang telah dijadikan salah satu warisan dunia oleh UNESCO dengan pengukuhannya pada tahun 1991. Candi yang berdiri pada abad ke 9 ini merupakan candi yang dibangun untuk persembahan pada Trimurti yakni tiga dewa hindu yang utama, dewa pencipta Brahma, dewa pemelihara Wishnu, dan dewa pemusnah Siwa. Candi hindu terbesar di Indonesia ini sebenarnya bernama candi Siwagrna yang berarti Rumah Siwa dalam bahasa Sansekerta. Studi sejarah juga telah menemukan bukti bahwa di candi ini memang dewa yang lebih diutamakan adalah dewa Siwa dengan adanya patung dewa tersebut pada ruang utama candi atau disebut Garbagriha dengan tinggi sekitar 3 meter. Namun karena ditemukan pada daerah yang bernama Prambanan maka situs candi ini lebih dikenal dengan nama candi Prambanan.

Kawasan candi ini cukup unik, terletak di dua kecamatan yang berbeda provinsi yakni di kecamatan Prambanan Sleman dan kecamatan Prambanan Klaten. Ciri khas yang membuat situs candi yang berada di Yogyakarta Prambanan ini merupakan candi hindu adalah gaya arsitekturnya. Gaya arsitektur candi di situs ini berbentuk tinggi dan ramping serta memiliki candi utama yang lebih besar dibanding yang lain yakni candi Siwa. Candi Siwa merupakan candi tertinggi dengan tinggi puncak mencapai 47 meter sedangkan candi yang mengelilinginya merupakan candi yang lebih kecil. Candi ini juga dinobatkan sebagai satu dari beberapa candi termegah di Asia Tenggara dan sangat terkenal di dunia terutama oleh masyarakat yang menganut agama hindu. Kerajaan Mataram merupakan masa dimana candi ini dibangun. Tercatat dalam prasasti Siwagrha, candi ini memulai pembangunannya pada tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan dan terus dikembangkan oleh Balitung Maha Sambu.

Daerah wisata di Yogyakarta Prambanan yang ikonik memang candi Prambanan. Banyak wisatawan yang penasaran dan ingin berkunjung dan melihat langsung keindahan candi hindu ini. masih banyak lagi situs candi yang dapat Anda temukan di Indonesia. Untuk informasi yang lengkap mengenai berbagai candi di Indonesia Anda bisa kujungi laman .




One thought on “Candi Prambanan | Wisata Yogyakarta Prambanan Yang Paling Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat