Penipuan Online Shop

Ini Dia Cara Mudah Melaporkan Penipuan Online Shop

Cara Mudah Melaporkan Penipuan Online Shop

Meski banyak menawarkan kemudahan, transaksi online sangat rawan akan kasus penipuan. Apalagi, jika kita tidak paham atau cuek perihal keamanan bertransaksi. Ingin efisien, justru malah rugi karena kecerobohan Anda sendiri atau memang sedang apes.

Tak hanya sekali dua kali, kini sudah marak sekali terjadi penipuan online, terutama pada saat berbelanja online shop. Sayangnya, banyak kasus penipuan belanja online tidak ditangani atau bahkan tidak pernah dilaporkan secara serius. Sang pembeli juga tidak bisa berkutik dengan berbagai cara yang telah dicoba untuk menangkap pelaku penipuan. Alhasil, semakin menjamurlah para penipu online dan semakin banyak pula korbannya.

Ketidaktahuan para konsumen perihal identitas pelaku dan juga fisiknya, menjadi salah satu alasan para konsumen tidak melapor ketika kasus penipuan menimpa dirinya. Tak jarang, para korban ini hanya bisa pasrah dan mengikhlaskan sejumlah uang yang telah ditransfer ke pelaku. Namun, sebenarnya jika ini terus dibiarkan, akan banyak penipu-penipu online semakin merajalela.

Cara Mudah Melaporkan Penipuan Online Shop

Nah, berikut ini kami beritahukan beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda terkena penipuan belanja online:

  1. Blokir rekening pelaku

Begitu Anda menyadari Anda tertipu saat berbelanja online, segera saja blokir nomor rekening si pelaku. Dengan melakukan ini, tentu akan mencegah penipuan kembali menimpa Anda. Tak hanya itu, ini juga menjadi langkah awal agar si pelaku tidak melakukan penipuan pada target-target selanjutnya. Cara memblokir rekening pelaku, yaitu sebagai berikut:

  • Langsung telepon bank yang Anda gunakan untuk transfer. Biasanya setelah melapor dan menjelaskan perihal kronologi penipuan, bank akan membekukan dana yang Anda transfer. Bisa juga dilakukan via email, tapi sangat disarankan melalui telepon untuk tanggapan yang lebih cepat dan jelas. Biasanya saat telepon, pihak bank meminta beberapa syarat untuk mengembalikan dana yang sudah terlanjur Anda transfer.
  • Siapkan bukti-bukti, mulai dari bukti transaksi, percakapan, dan lainnya.
  • Siapkan data penipu, mulai dari nama, nomor rekening, lapak online, dan sebagainya.
  • Lengkapi berkas yang diminta pihak bank.
  • Berikan syarat blokir rekening yang diminta pihak bank. Baiknya datang langsung ke bank
  • Tunggu prosesnya
  • Dana kembali
  1. Laporkan langsung ke pihak yang berwenang

Meski tidak selalu bisa langsung ditangkap, setidaknya ada laporan yang masuk ke pihak kepolisian terkait penipuan online ini. Anda bisa mendatangi langsung kantor dan menyiapkan segala bukti-bukti sebagai dasar alat penyidikan. Setelah menerima Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) Anda tinggal menunggu perkembangan kasusnya.

  1. Lapor melalui email

Pelaporan juga bisa dilakukan secara online melalui email. Caranya dengan menyertakan segala informasi pelaku dan kronologi secara mendetail. Masukkan pula semua bukti-bukti dan kirim ke email cybercrime@polri.go.id.

Baca Juga : https://www.kabarwaras.com/bisnis-belanja-online-yang-lagi-ngetrend/




One thought on “Ini Dia Cara Mudah Melaporkan Penipuan Online Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat