Cara Mengatasi Kolesterol

Ini Dia Cara Mengatasi Kolesterol dengan Hidup Sehat

Cara Mengatasi Kolesterol dengan Hidup Sehat

Kolesterol merupakan senyawa yang bertekstur lembek yang ada di antara lemak di aliran darah di seluruh sel tubuh. Dalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol yaitu high density lipoprotein atau HDL atau yang lebih dikenal dengan kolesterol baik dan low density lipoprotein atau LDL atau yang dikenal dengan kolesterol jahat. Jenis kolesterol yang harus diturunkan adalah kolesterol jahat karena dapat memicu Anda terserang stroke ataupun serangan jantung. Cara mengatasi kolesterol adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat.
Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh Anda, biasanya Anda melakukan beberapa pemeriksaan karena beberapa alasan, diantaranya yaitu:
•Pemeriksaan tersebut bagian dari general check atau kesehatan umum untuk menilai kondisi dan resiko kardiovaskular Anda atau skrining.
•Anda beresiko mengalami penyakit kardiovaskular, seperti jantung.
•Menunjukkan gejala dislipidemia contohnya deposir kolesterol yang ada di kelopak mata atau di tendon.
•Anda memiliki kerabat dengan riwayat dengan diagnosa kolesterol tinggi.
Tips mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh adalah mengkonsumsi jumlah kalori sesuai dengan yang dibutuhkan dan tergantung juga dari pekerjaan yang Anda lakukan. Misalnya jika Anda bekerja yang membutuhkan tenaga ekstra, maka kalori yang Anda butuhkan tentu harus lebih banyak. Menurut anjuran dari Dean Gizi yang ada di AS dan Belanda, kalori yang dikonsumsi oleh pria sebaiknya sebanyak 2.200-3.000 kkal dan untuk wanita yaitu sebanyak 1.800-2.300 kkal.

Tidak hanya kalori yang harus dipertimbangkan namun juga lemak yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan membuat lemak dalam tubuh Anda menjadi menumpuk sehingga membuat Anda menjadi obesitas dan kadar kolesterol Anda akan naik. Lemak yang dikonsumsi sebaiknya dibatasi hingga 30% dari jumlah kalori total atau energi. Misalnya, untuk keperluan sehari-hari minyak yang dikonsumsi rata-rata 30-50 gr. Dari 30% lemak, sebaiknya 10% kalori berasal dari lemak jenuh. Perhatikan juga camilan atau kue yang biasa Anda konsumsi karena biasanya kue tersebut mengandung banyak mentega atau margarin, sehingga ada baiknya jika Anda membeli di supermarket, perhatikan kandungan gizi dari makanan ringan tersebut.

Batas toleransi mengkonsumsi kolesterol yang aman yaitu 300 mg/hari atau 50-60% dari total kalori yang berasal dari serta dan karbohidrat. Selain itu, cara mengatasi kolesterol dengan hidup sehat salah satunya adalah dengan menjaga berat badan Anda walaupun tidak ada kaitannya secara langsung. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, buah-buahan dan sayur sayuran, serta mengurangi dan berhenti merokok serta minum minuman keras dan tetap berolahraga secara teratur, dapat menjaga kadar kolesterol Anda pada batas aman. Konsumsi Tropical Green setiap hari juga dapat membantu menjaga kesehatan Anda. Terbuat dari 100% buah dan sayuran, Tropicana Farmstand Tropical Green, minuman ini tidak ditambah gula sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga kadar kolesterol Anda!



One thought on “Ini Dia Cara Mengatasi Kolesterol dengan Hidup Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat