Toko jualan palsu di Instagram

5 Cara Mudah Mengetahui Akun Toko Jualan Palsu di Instagram

5 Cara Mudah Mengetahui Akun Toko Jualan Palsu di Instagram

Berbelanja online memang menjadi candu bagi siapa saja yang pernah mencobanya. Sebab, segala barang yang dibutuhkan bisa tersedia secara lengkap hanya dengan scroll dan klik, tanpa perlu lelah menghabiskan waktu seharian berkeliling toko atau mall. Salah satu yang paling digandrungi adalah berbelanja melalui media sosial Instagram. Anda hanya tinggal mencari hashtag barang yang diinginkan pada fitur search, maka segala variasi barang kebutuhan Anda sudah tersedia.

Selain itu, kemunculan para selebgram kini menjadi salah satu yang paling berpengaruh terhadap penjualan online. Para pebisnis online shop biasanya menjadikan selebgram sebagai media promosi yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Sayangnya, berbelanja online melalui media sosial seperti Instagram tak selamanya menguntungkan. Banyak terjadi kasus penipuan yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang hanya ingin meraih keuntungan semata. Agar Anda tidak ikut-ikut tertipu oleh online shop di media sosial Instagram, perhatikan 5 cara mudah mengetahui akun online shop tersebut palsu, berikut ini:

  1. Jangan mudah percaya dengan jumlah followers

Jika online shop yang Anda kunjungi memiliki jumlah followers yang banyak, perlu diperhatikan dengan detail. Memang tidak semua akun dengan followers banyak adalah penipu, namun banyak penipu menggunakan akun dengan sengaja memperbanyak jumlah followers. Caranya? Mudah saja, mereka bisa menyewa jasa jual followers. Jadi, jangan membeli barang hanya karena toko online memiliki banyak followers.

  1. Lihat pola posting-an

Lihatlah pola post pada feed Instagramnya. Biasanya, akun palsu memiliki pola upload seragam yang isinya hanya berupa testimoni atau foto-foto semacam pamflet. Kadang mereka akan mengulang posting-an yang sama yang pernah mereka post sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengecohkan para calon konsumen.

  1. Perhatikan jumlah likes pada setiap post di feed-nya

Akun Instagram online shop asli, jumlah likes-nya akan seragam dengan jumlah followers mereka. Hal ini bisa dilihat perbandingannya secara kasat mata. Cukup mudah membedakannya dengan cara ini. Misal, jumlah followers 15K, namun jumlah likes hanya 10, dapat dipastikan itu adalah akun penipu online. Teliti dengan seksama.

  1. Teliti komentar dan pastikan jumlahnya

Tak hanya melalui likes, Anda juga bisa melihatnya melalui jumlah dan isi komentar pada setiap posting-an. Bisa juga melihat dari jumlah komentar yang dihapus. Akun IG online shop palsu kerap menghapus komentar. Pihak Instagram sebetulnya memberikan hint untuk kita bisa mengetahui komentar yang dihapus.

  1. Carilah informasi detailnya melalui search engine

Ketikan informasi toko online, misalnya nama atau nomor telepon pada kolom search di search engine. Biasanya, para konsumen yang tertipu akan menuliskannya di blog. Anda bisa membaca beberapa review ini untuk memastikan keaslian akun.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat