Cara Menghemat Energi Ketika Mencuci Baju

Cara Menghemat Energi Ketika Mencuci Baju

Cara Menghemat Energi Ketika Mencuci Baju

Saat hendak mencuci semua baju kotor Kita akan mendapati beberapa potong baju yang tingkat kotornya sangat tinggi. Terlebih untuk baju anak-anak yang masih gemar bermain dengan banyak hal dan belum merasa takut akan kotor. Mengatasinya memang akan membutuhkan banyak energi, baik mencuci secara manual maupun dengan mesin. Meski begitu ternyata ada beberapa cara menghemat energiuntuk mengangkat noda bandel tersebut secara sempurna.

Proses mencuci yang tepat merupakan bagian penting dalam tips menghemat energi seefisien mungkin. Berikut beberapa langkah mencuci yang bisa ditiru:

1.Merendam cucian dahulu,

Mencoba menghemat tenaga fisik maupun energi listrik jika mencuci menggunakan mesin maka sebaiknya baju direndam. Sebelum dicuci seperti biasanya untuk meluruhkan beberapa tingkat noda agar turun dan lebih mudah dibersihkan. Mengucek baju dengan noda yang tergolong ringan tingkatannya tentu tidak terlalu melelahkan. Pun demikian untuk pemakaian mesin cuci maka Kita tidak perlu terlalu lama memutar mesin sehingga konsumsi listriknya bisa ditekan.

2.Mengucek bagian-bagian yang bernoda,

Sebelum atau setelah direndam Kita kucek dahulu beberapa bagian baju yang nodanya cukup membandel. Sebab bisa membantu mengangkat noda yang tadinya sangat kotor menjadi sedikit lebih bersih. Kucek secara perlahan saja, namun jika mencuci manual maka bisa mengucek lebih keras untuk titik-titik tertentu yang nodanya cukup tebal dan banyak. Kemudian jika mencuci menggunakan mesin setelah dikucek gunakan mesin dengan settingan putaran lambat. Namun jika noda masih cukup tebal maka kekuatan putaran bisa ditingkatkan agar tidak terlalu lama mesin menyala.

3.Memilih putaran rendah,
Sementara untuk baju yang hanya sekedar bernoda keringat tanpa ada warna khas dan nampak sebaiknya mencuci dengan putaran rendah. Hal ini khusus dilakukan bagi yang terbiasa mencuci menggunakan jasa mesin cuci. Putaran rendah dimaksudkan untuk menjaga konsumsi listrik mesin tersebut tidak terlalu berlebihan. Mengingat noda yang dihadapi pun tidak terlalu bandel maka sebaiknya memilih putaran terendah. Hal ini akan membantu cara menghemat energi sebaik mungkin sebab mesin yang berputar cepat dan keras membutuhkan energi listrik yang lebih besar.




WhatsApp chat