Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar

Menginstall Windows 10 sangatlah mudah . Proses instalasinya hampir sama pula seperti proses install windows 8, meskipun terdapat beberapa perbedaan terutama saat kita sudah selesai menginstal Window10, Kita akan diminta untuk membuat akun profil online dari microsoft acount, tetapi pilihan itu akan muncul jika komputer kita terhubung dengan jaringan internet, jika tidak kita bisa membuat Local acocount seperti yang biasa kita lakukan pada versi Windows sebelumnya.

Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar

Sebelum kita memulai untuk menginstall windows 10, kita harus memperhatikan dulu spesifikasi hardware komputer yang kita miliki apakah sudah memenuhi persyaratan atau belum untuk menjalankan windows 10.
Untuk menginstall window10 minimal komputer kita memilki spesifikasi yang sedikit lumayan bagus dan baik diantarnya sebagai berikut ini
  •   IGHZ Processor
  •   2GB RAM
  •   40 GB Free Space Harddisk
  •   DirectX 9 graphics device dengan WDDM.l.0 atau diatasnya.
Jika sudah memenuhi persyaratan saatnya kita bisa langsung memulai untuk menginstall windows 10. Jika kalian juga belum punya masternya bisa download terlebih dulu dari situs resmi dari micfrosoft yang sudah berfile iso, kemudian kalau sudah mempunyai masternya hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah membuat file iso master windows 10 menjadi bootable usb dengan menggukan software aplikasi Rufus yang bisa kalian downloand gratis link disini

Setelah sudah download dan install aplikasi Rusfus selangjutnya tinggal siapkan median penyimpanan boleh berupa Flashdisk maupun DVD. Bagaimana caranya? berikut dibawah ini
1. Pertama-tama, siapkan dahulu drivenya. Untuk flashdisk usahakan 4GB keatas atau bisa juga 8GB akan lebih bagus untuk membuat bootable dan jika Anda ingin burning dengan menggunkan media penyimpanan lain diusahakan menggunkan DVD (4.7GB) . Jangan menggunkan CD !! Karena sizenya hanya 700MB. Disini saya akan mempraktekkannya dengan menggunakan media penyimpana Flashdisk.

2. Colok Flashdisk Anda ke port PC/laptop lalu jalankan software Rufus yang sudah Anda downlaod dan install. Kemudian pilih drive flashdisk Anda lalu select juga file ISO Windows 10 yang telah didownload disini.

software Rufus

3. Kemudian pilih menu start dan tunggu hingga selesai. Jika sudah, close rufusnya dan jangan dicabut flashdisknya.
4. Setelah Anda sudah membuat master windows 10 menjadi bootle di flashdisk saat Anda memulai mensetting BIOS yang terdapat pada komputer kita masing-masing. Untuk masuk BIOS pada umumnya kita harus Restart komputer kita terlebih dahulu kemudian masuk kedalam sistem BIOS, biasanya dengan menekan tombol (F1,F2,DEL,ESC atau bisa juga F10, namun semua tergantung dari merek komputer/laptop untuk masuk ke sistem bios , kalau saya sendiri dengan menggunakan merek laptop asus untuk masuk ke sistem bios dengan menekan tombol F10 maka akan munculahn tampilan bios. Klik “Boot” -> masuk ke pengaturan “Boot Option #1” -> Pilih perangkat yang tepat.
Setting Bios Laptop Asus

5. Masuk ke pengaturan “Boot Option #2” -> Pilih perangkat yang tepat. Seperti, Pada gambar dibawah mengatur HDD sebagai perangkat booting kedua.
Setting Bios Laptop Asus
6. Klik [Save & Exit] -> pilih [Save Changes and Exit] -> tekan “Enter” untuk menyimpan pengaturan.
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
7.Setelah pengaturan bios selesai otomatis proses installasi Windows 10 akan segera berjalan.
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
8. Kemudian Pilih bahasa, format waktu dan keyboard or input method
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
9.Berikutnya klik tombol “Install now”.
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
10.Centang “I accept the license term” kemudian klik tombol “Next”.

Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
11. Langkah selanjutnya pilihlah “Custom Install”.
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
12. Kemudian kita akan dibawa ke pemberitahuan untuk pembuatan partisi, jika Anda tidak ingin untuk membuat partisi bisa langsung saja klik Next. Atau jika ingin membuat partisi baru, semisal Local Disk D atau Local Disk E, klik tombol New, lalu tentukan sizenya.
Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar

13. Dalam dahap ini kita tinggal menunggu proses ini selesai, biasanya akan selesai antara 30 sampai 60 menit dan ketika sudah 100%, maka komputer akan restart, segeralah anda cabut flashdisk atau DVD yang terpasang.

14. Setelah proses install Windows 10 selesai, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Klik Use Express settings.yang ada pada bagian bawah kanan untuk melanjutkan.

15. Kemudian pilih I own it dan klik Next.

16.Selanjutnya Anda akan minta mengenai akun Microsoft Anda. Jika sudah mempunya akun   Microsoft bisa langsung masuk dan klik tombol Sign in. Namun jika belum mempunya akun Microsoft bisa melewatinya dengan mengklik Skip this step. 

17. Ketikkan nama PC sesuai dengan keinginan Anda. Jika telah selesai maka klik Next.

Cara Menginstall Windows10 Dengan Mudah Bergambar
18. Kemudian tinggal tunggu hingga proses selesai. Apabila prosesnya telah selesai, maka komputer Anda akan menampilkan tampilan utama Desktop Start dari windows 10 yang terlihat jelas pada gambar di bawah ini,

Selesai juga proses menginstal windows 10 , semuga dapat bermanfaat, mungkin Anda memerlukan program pelengkap agar windows bisa bekerja lebih optimal Anda bisa menginstal microsoft office, anti virus, video converter, media player, video audio editor, driver laptop.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat