radang tenggorokan

Cara Mengatasi & Mengobati Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan baik berupa sakit saat menelan ludah maupun makanan, sakit dengan perasaan panas seperti terbakar, kekeringan tenggorokan, dan sakit yang disertai dengan adanya benjolan pada tenggorokan merupakan beberapa ciri bahwa anda tengah mengalami gangguan radang tenggorokan. infeksi atau radang pada tenggorokan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti iritasi pada tenggorokan baik akibat makanan yang dikonsumsi, akibat adanya polusi udara dari paparan asap rokok yang terhirup dan polusi udara lainnya, serta adanya perubahan cuaca tidak menentu yang bisa jadi tidak bersahabat dengan kondisi tubuh anda.
Dari beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pada tenggorokan tersebut, faktor penyebaran virus dan bakteri lah yang menjadi penyebab utama dari radang tenggorokan ini. Melihat fungsi tenggorokan sebagai saluran pernafasan dan pencernaan, maka dapat mempermudah bakteri dan virus ikut bersama makanan dan udara yang masuk kedalam tubuh. Sehingga, hal ini dapat menyebabkan mikroorganisme tersebut menyebar didalam tubuh dan menimbulkan masalah-masalah kesehatan seperti radang tenggorokan.
Bakteri dan virus yang terdapat didalam tubuh akan menyebar dan menyebabkan radang tenggorokan jika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Sistem imun yang berfungsi untuk mencegah tertularnya virus atau bakteri dalam tubuh ini bisa saja sedang mengalami penurunan sehingga tubuh tidak mampu untuk melawan serangan virus dan bakteri jahat tersebut. Sehingga, seseorang yang mengalami penularan radang tenggorokan pada tubuhnya akan dengan cepat mersakan gejala-gejala yang hampir sama dengan gejala flu ataupun gejala lain sesuai dengan faktor penyebabnya.
Cara mengobati radang tenggorokan ini pada dasarnya tidak memerlukan penanganan dokter selama kondisi tubuh tetap stabil dan tidak mengalami gejala yang lebih parah lagi. Untuk itu, anda harus banyak istirahat serta tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi, memperbanyak minum air putih, dan menghindari makanan yang dapat memperparah kondisi radang tenggorokan.
Selain itu, cara mengobati radang tenggorokan juga dapat anda lakukan dengan meminum ramuan herbal seperti teh chamomile, campuran jeruk nipis dan madu, seduhan air hangat dengan lemon dan madu, dan sebagainya untuk meredakan rasa sakit tenggorakan yang tentunya disertai dengan istirahat cukup agar kondisi tubuh anda kembali fit seiring proses penyembuhan radang tenggorokan yang anda alami.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat