Cuci Bersih & Sehat dengan Deterjen Ramah Lingkungan

deterjen ramah lingkungan

Cuci bersih & sehat dengan menggunakan deterjen ramah lingkungan –Kerusakan lingkungan di sekitar perumaham padat penduduk dapat dilihat dari kali di sekitar rumah yang mulai menghitam atau penuh dengan limbah rumah tangga, hal ini merupakan salah satu ciri kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh menumpuknya limbah rumah tangga. Untuk menekan tingginya limbah rumah tangga gerakan cinta lingkungan dengan menggunakan deterjen ramah lingkungan semakin marak dilaksanakan. Menggunakan produk yang ramah lingkungan dapat menekan limbah rumah tangga khususnya yang dihasilkan oleh kegiatan mencuci, sabun yang biasa digunakan mencuci setelah selesai digunakan akan dibuang ke saluran pembuangan dan akhirnya dibuang ke kali di sekitar rumah hasil pembuangan ini yang biasanya mengendap di kali dan sulit untuk di urai di dalam air sehingga menimbulkan pencemaran air.

Pencemaran air yang terjadi mengakibatkan hewan yang ada di dalam air mati karena kekurangan oksigen dan juga dapat menghancurkan ekosistem di dalam air tersebut, karena tingginya kerugian yang ditimbulkan gerakan mencintai lingkungan dengan menggunakan deterjen ramah lingkungan perlu anda lakukan dengan deterjen yang ramah lingkungan hasil air buangan sabun tidak akan meracuni air di sekitar rumah karena kandungan bahan kimianya yang rendah sehingga masih dapat ditoleri dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan yang besar. Menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk lemon, baking sodan dan bahan alami lainnya juga bisa membantu mengurangi penggunaan deterjen biasa.

deterjen ramah lingkungan Indonesia

Pada deterjen biasa bahan kimia yang ada di dalamnya sebagian besar jika digunakan dalam dosis yang besar akan menimbulkan efek yang tidak baik sebaliknya dengan menggunakan deterjen ramah lingkungan efek buruk dari bahan-bahan kimia pada deterjen akan semakin berkurang. Efek samping yang ditimbulkan oleh deterjen biasa adalah:

1. Sulit terurainya deterjen biasa karena bahan surfaktan yang ada di dalamnya terlalu besar, jika sulit terurai di dalam air kemungkinan ekosistem di dalam air menjadi teracuni semakin besar.
2. Busa yang ada di kali akan menghambat masuknya oksigen ke dalam air sehingga ikan ataupun binatang lain yang berada di dalam ikan akan kesultan bernafas dan dapat menimbulkan kematian pada ikan.
3. Tumbuhnya algae yang berlebihan karena adanya bahan builder yang terbuang ke kali akan meningkatkan tingkat kekurangan oksigen pada biola air sehingga dapat membahayakan kehidupan biota yang ada di dalamnya.

Menggunakan deterjen ramah lingkungan tidak akan mengurangi kebersihan dan keindahan baju dibandingkan deterjen biasa, sebaliknya menggunakan deterjen yang ramah lingkungan dapat membuat anda menjaga kelestarian lingkungan. Sabun ramah lingkungan yang dapat anda gunakan salah satunya adalah sabun Rinso dengan kekuatan untuk membersihkan pakaina namun juga tetap menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari limbah rumah tangga yang berlebihan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now