tumbuh kembanga anak

Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Pernahkah Anda bertanya dalam hati, mengapa anak saya tidak seperti si A? Atau mungkin orang lain yang kerap membandingkan anak Anda dengan anak lain. Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya setiap individu memang berbeda dan unik. Siklus tumbuh kembang anak dipengaruhi banyak faktor. Faktor-faktor yang saling mempengaruhi satu sama lain. Faktor yang paling dominanlah yang akhirnya menentukan hasil akhir perkembangan anak. 
Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak
Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak terbagi menjadi dua kelompok, faktor internal dan faktor eksternal. 

Faktor Internal Tumbuh Kembang Anak 

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam, telah ada dalam diri anak sejak lahir. Faktor tersebut, antara lain: 
Jenis Kelamin 
Anak perempuan akan berbeda dengan anak laki-laki. Anak laki-laki umumnya akan lebih cepat berkembang secara motorik dan anak perempuan lebih cepat berkembang secara bahasa. Pada usia tertentu perkembangan yang berbeda berangsur-angsur akan sama. 
Waktu 
Tumbuh kembang anak terkait dengan waktu. Kecepatan perkembangan bayi lahir prematur akan berbeda dengan bayi lahir normal. Biasanya bayi demikian, apalagi bayi dengan berat badan lahir rendah mempunyai masalah dengan tumbuh kembang kelak. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh. Pengalaman seorang ibu yang diceritakan dalam https://www.guesehat.com/penderita-kebutaan-akibat-kelahiran-prematur-yang-inspiratif ini dapat menjawab pertanyaan Anda seputar bayi prematur. 

Genetik 
Dalam kehidupan sehari-hari faktor genetic disebut faktor keturunan. Kecerdasan anak diturunkan dari orang tua. Meskipun stimulasi dan lingkungan umumnya akan berpengaruh lebih besar. Kelainan tumbuh kembang seperti kelainan kromosom termasuk dalam faktor genetik 

Faktor Eksternal Tumbuh Kembang Anak 

Faktor eksternal adalah faktor dari luar anak yangpengaruhi tumbuh kembang. Faktor ini belum ada ketika anak lahir. 
Faktor Lingkungan 
Sebagian besar orang meyakini bahwa faktor lingkungan berpengaruh besar dalam tumbuh kembang. Kasih sayang orang-orang di sekitar membuat kecerdasan anak lebih optimal. Rasa aman akan menstimulasi organ tubuh dan otak lebih baik. 
Faktor Ekonomi 
Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan lebih baik tergantung kondisi ekonomi orang tua. Rasa aman, stimulasi, dan nutrisi terpenuhi sesuai faktor ekonomi. 
Nutrisi 
Genetik yang bagus tanpa diimbangi dengan nutrisi atau konsumsi makanan bergizi tidak akan berguna. Contohnya sel-sel tubuh perlu protein untuk tumbuh dan berkembang. Vitamin C dibutukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Anak yang sering sakit tumbuh kembangnya terhambat. 
Stimulasi 
Stimulasi adalah cara lingkungan dan orang-orang di dalamnya agar perkembangan anak optimal. Anak belum dapat berbicara, misalnya diajak bicara agar lebih cepat memahami bahasa. 
Psikologis 
Faktor psikologis atau kondisi emosi / kejiwaan anak ikut mempunyai andil terhadap tumbuh kembang. Penting menjaga hati dan menberi anak rasa aman dan nyaman agar tidak menghambat lajunya. 
Itulah faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat!



WhatsApp Now