Gejala awal kehamilan

Usia Kehamilan Berapa Minggu Gejala Awal Kehamilan Akan Mulai Ibu Rasakan ?

Kadang kala gejala awal kehamilan nampak agak samar sehingga sebagian ibu hamil terkadang pun tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Tidak semuanya ibu hamil mengalami gejala awal kehamilan yang sama. Umumnya, gejala awal kehamilan diawali dengan keterlambatan haid, kemudian diikuti dengan gejala lainnya seperti keram perut, mual, muntah, munculnya bercak darah sampai dengan gejala-gejala lainnya menyusul dengan usia kehamilan yang bertambah. Apabila usia kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak saat HPHT alias hari pertama kaid terakhir, maka ibu belum bisa dikatakan benar-benar hamil di minggu pertama. Jadi, kenyataannya cukup susah untuk melihat kehamilan awal di usia kehamilan 1 minggu.

Pada Usia Berapakah Gejala Awal Kehamilan Dapat Di rasakan

gejala awal kehamilan

Lantas, saat kehamilan usia berapa gejala atau tanda kehamilan tersebut sudah dapat dirasakan dan diketahui oleh ibu ? Jika kondisi tersebut diatas, kehamilan baru akan memunculkan gejala atau tanda ketika usia kehamilan di minggu kedua ataupun minggu ketiga, tergantung juga pada seperti apa masa subur maupun ovulasi. Siklus ovulasi lah yang bakal penentukan waktu pembuahan dan pada umumnya terjadi di hari ke 13 hingga hari ke 20 usai Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Selain tidak mengalami menstruasi, pada minggu-minggu awal usai ovulasi, sebagian ibu akan menjumpai beberapa gejala awal kehamilan. Apa saja gejala yang umum muncul dan dirasakan oleh ibu ? Mulai dari pembengkakan payudara yang juga lebih sensitif, nyeri bahkan juga area areola yang lebih menghitam.

Saat kehamilan berjalan 3 minggu, masih terdapat beberapa gejala awal kehamilan yang bisa dialami oleh ibu. Umumnya gejala yang muncul di usia kehamilan 3 minggu adalah berupa mual dan muntah yang terjadinya tidak hanya di pagi hari saja, melainkan di berbagai waktu. Kondisi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah disinyalir terjadi karena adanya perubahan hormon dari belum hamil ke kondisi ibu sedang hamil. Selain mual dan muntah, gejala awal kehamilan yang lainnya lagi dapat dialami ibu pada usia kehamilan sekitar 3 minggu ini adalah lebih sering buang air kecil, sensitif pada aroma-aroma tertentu, pusing, pegal-pegal sampai dengan mengidam. Terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil pun dapat menimbulkan sakit kepala berkelanjutan meskipun ringan pada ibu hamil. Selain itu juga ibu hamil bisa jadi mengalami gejala lain berupa sakit pinggang di bagian bawah dan bahkan dapat terus terjadi selama kehamilan ibu. Terlebih lantaran berat badan ibu hamil yang semakin naik menyusul perkembangan bayi di perut ibu yang pastinya bertambah berat.

Mungkin ibu sedikit agak merasa sulit untuk membetulkan atau menyalahkan beberapa gejala awal kehamilan yang muncul pada saat kehamilan berusia satu minggu sampai dengan 3 minggu. Apabila ibu mengalami beberapa gejala yang sudah diuraikan di atas, lakukanlah pemeriksaan kehamilan pada seminggu atau dua minggu kemudian. Untuk lebih memastikan, periksakan kondisi ibu ke dokter kandungan. Kalau dalam hal perlengkapan bayi saat si kecil sudah lahir, pilihlah produk perawatan terbaik. Termasuk memilih Zwitsal sebagai produk perawatan kulit si kecil.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/gejala-awal-kehamilan-yang-juga-dapat-dirasakan-oleh-ayah




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now