Search
pentingnya sarapan

Hati-hati! Dampak Buruk Tidak Sarapan Pagi

 Hati-hati! Dampak Buruk Tidak Sarapan Pagi

KabarWaras.com – Sarapan pagi adalah waktu makan yang sangat penting untuk menunjang seluruh aktifitas selama seharian. Namun disayangkan masih banyak orang yang menganggap remeh sarapan. Padahal jika dipelajari lebih dalam ternyata tidak sarapan itu memiliki dampak buruk yang cukup menakutkan. Lalu apa saja yang merupakan dampak buruk tidak sarapan pagi? Kali ini akan dibahas mengenai beberapa dampak buruk tidak sarapan.

1. Beresiko Serangan Jantung

Terlalu seringnya melewatkan sarapan akan beresiko terkena serangan jantung (heart attack). Tentu Anda tidak ingin bukan terkena serangan jantung, bukan. Maka dari itu, bagi Anda yang sering mengabaikan bahkan melewatkan sarapan segeralah berubah karena kenyataannya sarapan itu begitu penting. Hal ini karena di saat Anda beraktifitas energi yang diperlukan akan begitu banyak sedangkan pada saat tidur saja metabolisme tubuh tetap berjalan hingga akhirnya pada saat bangun energi semakin berkurang. Maka dari itu sarapanlah agar energi bisa Anda dapatkan kembali dan melakukan aktifitas, sehingga kerja jantung tidak bekerja dengan terlalu keras jika kita sudah berenergi.

2. Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Kita ketahui bahwa penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang saat ini banyak merenggut nyawa. Resiko diabetes tidak hanya bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga yang diabetes pula, tetapi berhati-hatilah Anda yang saat ini sering melewatkan sarapan. Ketahuilah bahwa jika Anda tidak sarapan di pagi hari dan langsung makan pada jam makan siang, maka gula darah Anda akan meningkat tajam. Selain mengontrol kandungan gula dalam makanan, sarapan sebelum jam 9 akan membantu Anda terhindar dari resiko diabetes.

3. Menaikan Berat Badan

Kata siapa dengan tidak sarapan akan membantu Anda cepat menurunkan berat badan? Hal tersebut sebenarnya sangat tidak disarankan karena jika kita tidak sarapan nafsu makan siang Anda akan sangat tinggi. Bahkan perlu kita ketahui bahwa dengan sarapan akan membantu Anda menurunkan berat badan apalagi sarapan dengan nutrisi yang tepat, rendah lemak jenuh, rendah gula, rendah garam dan banyak serat sehingga akan membuat nafsu makan siang lebih terjaga.

4. Penyebab Migrain

Bagi Anda yang sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah mungkin karena Anda sering telat sarapan atau bahkan Anda sering melewatkan sarapan. Hal ini karena dengan rendahnya kadar gula darah akan membuat jantung memicu dengan kencang sehingga tekanan darah akan semakin tinggi yang mengakibatkan sakit kepala sebelah atau migrain.

5. Menurunnya Tingkat Fokus dan Konsentrasi
Anda beraktifitas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi seperti belajar atau bekerja yang membutuhkan konsentrasi penuh, maka hindarilah untuk terlambat sarapan bahkan melewatkan waktu sarapan Anda. Hal ini dikarenakan ketika otak Anda bekerja membutuhkan banyak nutrisi. Sehingga jika Anda tidak sarapan pagi otak Anda kesulitan untuk bekerja dengan optimal dan berkonsentrasi.

Itulah lima dampak buruk jika Anda melewatkan sarapan pagi. Lemonilo, toko online yang dapat membantu Anda untuk menyiapkan menu sarapan yang sehat, praktis dan bernutrisi.




WhatsApp Now