Pahami Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Ingin Belanja Online? Pahami Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Pahami Kelebihan dan dan Kekurangan Belanja Online

Kabarwaras.com – Istilah belanja online kini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi, media sosial kini sangat berperan besar bagi para toko online untuk mempromosikan dan menjadi jembatan antara penjual dan pembeli. Ya, memang begitulah zamannya kini. Dengan adanya akses internet yang begitu berkembang pesat, melakukan segalanya kini terasa sangat mudah. Jadilah, melakukan belanja melalui internet menjadi pilihan. Berbeda dengan beberapa tahun silam, yang mana Anda harus pergi ke toko untuk membeli barang.

Meski menawarkan sejuta kemudahan, tren berbelanja online ini juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan secara seksama. Hal ini dimaksudkan agar Anda berbelanja online secara bijak. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan dari berbelanja online:

Istilah belanja online

  • Kelebihan Belanja Online :

  1. Sangat memudahkan

Tinggal scroll dan klik layar smartphone atau PC Anda, Anda bisa langsung memilih barang. Setelah memilih barang yang Anda inginkan, Anda bisa langsung mentransfer sejumlah uang melalui ATM. Bahkan, Anda tidak perlu jauh-jauh ke ATM, Anda bisa langsung menggunakan m-banking. Mudah sekali, bukan?

  1. Menghemat waktu dan tenaga

Setiap hari bekerja membuat Anda tak memiliki banyak waktu untuk berbelanja keliling toko atau mall. Dengan berbelanja online, Anda bisa meluangkan waktu kapan saja, dimana saja untuk membuka internet dan tentu saja terhindar dari kemacetan jalan raya.

  1. Bebas memilih toko online

Anda bebas memilih toko mana yang Anda inginkan dengan berbagai produk pilihan. Jika pilihan Anda tidak ada di toko online yang satu, Anda tinggal scroll dan klik toko mana yang sesuai dengan pilihan Anda.

  1. Dapat membandingkan harga toko online

Anda yang selektif sekali masalah harga, bisa dengan mudah membandingkan harga tanpa perlu lelah menghampiri banyak toko online untuk membandingkan harga.

  • Kekurangan dari Situs Belanja Online :

  1. Dikenakan ongkos kirim

Karena keberadaan barang tidak selalu bisa Anda jangkau langsung, maka dibutuhkan jasa pengiriman untuk mengantar barang. Tentu ada biaya tambahan untuk itu.

  1. Barang yang datang tidak sesuai pesanan

Seringkali kasus online shop adalah barang yang sampai tidak sesuai dengan barang di foto. Sebab, foto di online shop biasanya melalui beberapa proses editing. Sehingga, kerapkali tak terlihat sama.

  1. Kerap terjadi penipuan

Tak Cuma sekali dua kali kasus, sudah banyak kasus penipuan yang berasal dari jual-beli online ini. Karenanya, jika Anda tetap ingin berbelanja online pastikan toko yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan selalu waspada.

  1. Tidak dapat melihat wujud asli barang

Anda tidak bisa memegang bahan atau mencoba barang yang dipesan. Anda hanya bisa melihat detail melalui layar PC atau smartphone. Karenanya, teliti detail sebelum membeli itu sangat penting dilakukan.

Baca di sini juga : https://www.kabarwaras.com/tips-berbelanja-online-barang-sesuai-foto/




One thought on “Ingin Belanja Online? Pahami Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *