Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI

Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI

Dunia perbankan selalu melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah akan kemudahan akses keuangan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah dengan kartu kredit. Kartu ini merupakan kartu yang dapat digunakan sebagai alat ganti pembayaran selain pembayaran tunai. Kartu kredit ini berbeda dengan kartu debit, kartu debit hanya bisa digunakan jika rekening Anda terisi dan setiap pembayaran dengan kartu ini akan langsung dipotong dari jumlah rekening Anda. Kartu kredit memungkinkan Anda melakukan pembayaran dengan dana yang dipinjamkan oleh bank.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI

Kartu kredit ini memang cukup banyak digemari khususnya oleh masyarakat di perkotaan karena memberikan banyak kemudahan tersendiri. Selain tidak merepotkan karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, kartu kredit juga dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang belum mampu Anda beli dengan uang yang Anda miliki saat ini. Di Indonesia sendiri, ada banyak bank yang menawarkan fasilitas kartu kredit pada nasabahnya diantaranya BCA, BRI, Mandiri dan BNI. Masing-masing bank penerbit kartu kredit ini memiliki aturan cara penggunaan yang berbeda, yaitu :

Kartu Kredit BCA

  • Kartu kredit BCA

Sebelum Anda dapat menggunakan kartu kredit BCA untuk bertransaksi, pertama-tama Anda perlu melakukan proses aktivasi kartu Anda. Aktivasi ini diikuti dengan pembuatan pin yang nantinya akan selalu diminta setiap kali Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit. Di Bank BCA, jenis kartu menentukan kapan Anda bisa menggunakannya pertama kali setelah diaktivasi. Pada jenis BCA Card, kartu kredit dapat langsung Anda gunakan setelah aktif untuk bertransaksi dengan mesin EDC. Sementara itu, pada jenis kartu Visa/Mastercard Anda perlu menunggu selama 1×24 jm sebelum kartu bisa digunakan untuk berbelanja atau betransaksi.

Selama bertransaksi dengan kartu kredit ini pastikan Anda belum melampaui limit yang ditetapkan karena jika sisa limit tidak mencukupi maka transaksi pembayaran belanja Anda tidak dapat dilakukan.

Kartu kredit BRI

  • Kartu kredit BRI

Cara menggunakan kartu kredit BRI tidak jauh berbeda dari penggunaan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank lainnya. Melalui kartu kredit BRI selain dapat melakukan transaksi non tunai secara online maupun offline, Anda juga dapat melakukan berbagai pembayaran tagihan. Transaksi keuangan menggunakan kartu kredit ini memberikan banyak kemudhan bagi nasabah. Selain kemudahan, ada pula banyak keuntungan lain yang bisa dinikmati oleh pemilik kartu kredit dri Bank BRI ini diantaranya adalah adanya fasilitas asuransi yang bisa dinikmati pengguna, gratis pembayaran iuran tahunan hingga kartu yang bisa digunakan untuk segala macam pembayaran tagihan.

Kartu kredit Mandiri

  • Kartu kredit Mandiri

Pertama-tama Anda perlu mengaktivasi kartu kredit Bank Mandiri Anda dengan 2 pilihan metode yaitu melalui Mandiri SMS atau Mandiri call di 14000. Setelah aktivasi selesai, Anda akan mendapatkan pin untuk kartu kredit Anda. PIN ini bisa diterima melalui email ataupun dibuat langsung menggunakan mesin ATM. Setelah kartu aktif dan PIN sudah dibuat, Anda dapat mulai menggunakan kartu kredit ini untuk berbagai macam transaksi. Apabila suatu saat Anda ingin mengubah nomor PIN yang sudah dibuat di awal, Anda bisa melakukan perubahan menggunakan mesin ATM. PIN ini bisa Anda ganti jika tingkat keamanan PIN lama dirasa kurang.

Bagi Anda pemilik kartu kredit Mandiri, setelah Anda menerima kartu sebaiknya segera berikan tanda tangan Anda di kolom yang tersedia di bagian belakang kartu kredit. Tanda tangan pemilik ini nantinya akan membantu kasir untuk memastikan bahwa kartu kredit Anda hanya dapat digunakan dengan tanda tangan Anda sebagai pemilik sah.

Kartu kredit BNI

  • Kartu kredit BNI

Cara menggunakan kartu kredit BNI, Seperti hal nya kartu kredit dari bank lain, kartu kredit dari BNI juga harus diaktivasi dulu sebelum digunakan. Aktivasi ini dapat dilakukan dengan layanan BNI call maupun layanan sms. Setelah kartu sudah dalam status aktif, selanjutnya Anda perlu juga mengaktifkan nomor PIN untuk keamanan penggunaan kartu. Apabila kartu kredit dan PIN sudah aktif selanjutnya kartu ini dapat langsung Anda gunakan untuk bertransaksi di merchant manapun yang memiliki logo MasterCard dan Visa.

Meskipun cara penggunaan tiap-tiap kartu kredit dari berbagai bank penerbit cenderung sama, Anda perlu memahami semua ketentuan yang berlaku dari bank yang Anda gunakan. Ketahui dengan baik agar penggunaan kartu kredit Anda sesuai dengan aturan dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *