Bakso malang

Makanan Khas Kota Malang Yang Wajib Kamu Nikmati

Kota Malang, selain terkenal sebagai kota pelajar, kota budaya, dan kota wisata, juga populer dengan menu kuliner yang khas. Makanan khas Kota Pelajar ini memang memiliki suatu keunikan tersendiri baik dari segi campuran bahan yang di gunakan, cara pengolahan dan cita rasa yang khas.
Jika Anda sedang berlibur ke Malang, perut anda akan dimanjakan dengan berbagai menu khas Malang yang pastinya menggugah selera dan membuat anda ketagihan. Diantara banyaknya makanan khas kota Malang, ini adalah 5 kuliner khas yang wajib anda cicipi jika datang ke Malang.
1. Sego Goreng Mawut
Kata Mawut, dalam bahasa Jawa artinya berserakan atau berantakan. Jadi, Sego Goreng Mawut berarti nasi goreng yang berantakan. Meskipun dari namanya membuat anda bingung, sebenaranya Sego Goreng Mawut adalah nasi goreng biasa, hanya saja kali ini dipadukan dengan bahan lain, yaitu mie goreng. Tekstur nasi goreng yang lembut ditambah dengan mie goreng kenyal menghasilkan citarasa makanan yang sangat lezat. Warna coklat cerah dari campuran saos dan kecap disempurnakan dengan toping acar serta daun selada. Makanan khas Malang yang satu ini terlalu sayang jika tidak dinikmati ketika berkunjung ke Malang. Hmmmm siapa yang tidak tertarik dengan menu satu ini.
2. Nasi Rawon
Mungkin kuliner khas Malang yang satu ini tidak asing lagi karena cukup mudah didapat di luar daerah Malang. Rawon adalah sup daging sapi namun kuahnya berwarna hitam karena menggunakan bumbu kluwak. Citarasa alami khas Indonesia terasa lebih kuat karena makanan ini diracik dengan bumbu-bumbu tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar, cabe, dan minyak nabati.
3.Orem-Orem 
Orem-Orem, dari namanya memang terdengar cukup aneh, Tetapi Anda wajib mencicipi makanan khas Malang yang satu ini. Orem-Orem adalah kuliner Malang dengan komposisi irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya mirip kuah opor atau lodeh. Orem-Orem identik dengan rasa pedas. Orem-Orem masih dimasak di atas bara api dari arang, bukan api kompor dengan tujuan untuk menjaga kualitas rasa alaminya. Orem-Orem biasanya disajikan bersama tempe goreng dan Mendol. Mendol adalah semacam gorengan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan, lalu dicampur bumbu dan digoreng. Agar Orem-Orem terasa lebih lezat, harus ditambahkan dengan kecap dan sambal sesuai selera Anda.
4. Bakso malang

Semua orang di Indonesia sudah tau kalau Malang memang terkenal dengan Bakso. Namun yang paling popular di Indonesia adalah Bakso Malang. Yang membuat bakso Malang berbeda dari bakso lain adalah bakso ini selain terbuat dari daging sapi, sebagai pelengkap bakso juga dicampurkan dengan kuah, mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tahu.

5, Cwie Mie

Cwie merupakan makanan khas Malang yang sebenarnya tidak jauh beda dari mie ayam, yang membedakan nya dari mie ayam yang lain yaitu kuliner asli Malang ini menggunakan daging ayam yang dihancurkan (mirip dengan abon). Rasa Cwie Mie cenderung asin, berbeda dari mi ayam yang rata-rata memiliki rasa manis. Cwie Mie Malang ini biasanya disantap dengan kuah gurih, daun selada segar, serta taburan bawang goreng. Uniknya lagi, makanan khas Malang yang satu ini disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit.

Mau cobain enaknya makanan khas Malang tapi belum ada waktu untuk liburan kesana? Ayo dicoba saja iseng-iseng masak masakan khas Malang.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat