Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Mengenali Beberapa Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Ibu HamilMakanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus sangat berhati-hati dalam memilih asupan makanan sehat karena hal tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin. Dalam hal memilih makanan juga tidak boleh sembarangan, harus memilih makanan dengan nutrisi yang seimbang dan tentu saja sehat. Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar berita tentang kelainan pada janin yang kemungkinan besar berasal dari malnutrisi ketika masa kehamilan. 

Berikut ini beberapa daftar makanan yang baik untuk ibu hamil yang bisa anda gunakan untuk acuan.

1. Susu sapi.

Susu sapi adalah minuman sehat untuk segala usia, dari anak-anak hingga orang tua dianjurkan untuk minum susu sapi. Kalsium yang terkandung dalam susu sapi sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga pada ibu hamil. Kecuali anda mempunyai riwayat alergi susu sapi; anda bisa mengantinya dengan susu kedelai atau oatmeal yang mempunyai kandungan nutrisi hampir sama.

2. Sayuran berwarna hijau.

Ibu hamil harus mendapatkan asupan sayuran hijau yang seimbang karena kemungkinan ibu ahmil mengalami konstiasi juga tinggi. Sehingga asupan serat yang seimbang juga membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Sayuran hijau juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tumbuhkembang janin. Namun, sebelum mengkonsumsi sayuran hijau, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa sayuran tersebut sudah matang sempurna sebelum dikonsumsi untuk menghindari bakteri. 

3. Daging non lemak.

Asupan protein yang seimbang juga diperlukan untuk membantu kesempurnaan tumbuhkembang janin. Daging tanpa lemak yang terlah dimasak sempurna bisa menjadi salah satu piliahan. Tapi, daging harus sudah dimasak dengan matang untuk menghindari bakteri salmonela yang bisa berbahaya bagi janin. Ikan maupun ayam dan telur juga bisa menjadi sumber protein ibu hamil. 

4. Sereal/ oatmeal.

Untuk asupan karbohidrat yang sehat, ibu hamil bisa memilih sereal atau oatmeal yang mengandung serat tinggi dan juga kaya akan nutrisi. Oatmeal atau sereal mengandung lebih sedikit gula dibanding dengan nasi putih dan juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. 
 
Dalam masa kehamilan, janin juga harus diberi asupan nutrisi yang seimbang; ketika telah lahir pun bayi juga harus dirawat dengan produk bayi yang berkualitas seperti zwitzal. 



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now