Membuat Kinerja Windows Berlari Lebih Kencang

Di era persaingan saat ini, semua dituntut untuk serba cepat mulai dari bekerja , menyelesaikan tugas dan sebagainya harus dilakukan dengan cepat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Anda harus memiliki PC/Laptop yang berjalan secara kelat untuk mengerjakan segala tugas yang bebasis komputer/laptop, seperti mengetik surat, mengerjakan scripsi, bermain internet, mengirim email chatting dan lain-lain
Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan kasih tutorialnya bagaimana agar membuat kinerja windows berlari lebih kencang. Oke langsung saja tampah panjang lebar berikut ini ada beberapa cara membuat mempercepat kinerja windows.

Matikan aplikasi yang tidak penting

Hal pertama yang Anda perhatikan mengenai Aplikasi yang tidak penting atau tidak terpakai bisa Anda matikan terlebih dalu. misalnya Jika anda sedang memakai atau menyalakan komputer silahkan terlebih dalu cek aplikasi yang sedang berjalan, dan tutuplah aplikasi  tersebut terlebih ,karena ini dapat mengaruh kinerja komputer anda sebaiknya tutuplah aplikasi yang tidak penting dengan cara pergi windows Task Manager tekan ( ctrl+Shift+Esc ) akan muncul jendela windows seperti gambar di bawah.

Membuat Kinerja Windows Berlari Lebih Kencang

Lalu lihat atau pilih apalikasi yang tidak penting kemudian klik “End Task”.


Gunakan Tool Bawaan Windows

Disk Cleanup merupakan tool bawaan window sendiri yang fungsinya untuk menghapus file tidak berguna. Disk Cleanup ini akan menghapus temporary files, mengosongkan Recycle Bin, serta system files dan item-item lain yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. Untuk menjalankan aplikasi Disk Cleanup ini  tidak sulit cukup Klik start – all program – pilih accesories – system tool – dan Disk Clean Up.
Membuat Kinerja Windows Berlari Lebih Kencang

Setelah itu akan tampil gambar seperti di atas, pilih partisi / disk yang akan anda bersihkan dan ok.
Nah kemudian klik ok.

Menghapus File Tersisi Di Recycle Bin

File tersisi yang atau terhapus akan sementara akan masuk (Sampah/ Reccycle Bin) ini dapat juga bisa dikatakan akan memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya Anda menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan seperti pada gambar diatas icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.
Dengan menggukan software alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah CCleaner, untuk membantu Anda dalam pembersihkan sampah pada komputer sehingga kinerja komputer anda meningkat.Software ini juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada brows. Untuk infomasih link download bisa klik Disini
Gunakan Tool Disk Defragmenter
Disk defragment ini merupakan salah satu fitur bawaan sistem operasi windows juga. Dengan melakukan defragmentasi terhadap disk bisa mengoptimalkan kinerja komputer Anda, bisa lebih baik lagi. Untuk menjalankan aplikasi Disk Defragmenter Klik start – all program – pilih accesories – system tool.
Membuat Kinerja Windows Berlari Lebih Kencang
Kemudian akan terbukalah jendela disk defragmenter. Di jendela ini kita bisa melihat daftar disk yang ada pada komputer kita. Pilih salah satu disk yang ingin kita defrag. Jika sudah, pilih partisi / disk klik Defragment disk dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Mengatur Program Startup Pada WIndows 

Startup mempunyai fungsi sebagai program yang bertugas untuk menghidupkan program – program yang dianggap penting. Untuk dapat mengatur program apa saja yang berjalan di startup windows dengan menekan pada tombol keyboard anda “windows” + “R” secara bersamaan – ketik “msconfig” – Tekan “ok” – lalu pilih startup dan hilangkan centang aplikasi yang tidak penting seperti gambar di atas.
Membuat Kinerja Windows Berlari Lebih Kencang
Demikialah itulah beberapa tips untuk membuat kinerja windows berlari lebih kencang ,dengan mengikuti tips yang ada diatas inscaya membuat kinerja komputer Anda lebih baik dan lebih cepat. Semuga dapat bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat