Cara Ampuh Mengobati Bekas Jerawat Dengan Pasta Gigi

Cara Ampuh Mengobati Bekas Jerawat Dengan Pasta Gigi

Mengobati Bekas Jerawat Dengan Pasta Gigi

Sebagian orang meyakini bahwa pasta gigi dapat digunakan sebagai obat jerawat. Hanya dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berjerawat selama 5-10 menit, lalu wajah dicuci bersih hingga tidak ada pasta gigi yang tersisa di wajah, diyakini sebagian orang membuat jerawat kering dengan cepat. Namun benarkah cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini benar-benar aman? Pasalnya tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa setelah menggunakan pasta gigi, jerawat mereka justru bertambah parah, memerah dan teriritasi. Jika seperti ini, kita pantas ragu. Alih-alih ingin wajah bersih bebas jerawat, yang terjadi malah sebaliknya. Sebelum semua itu terjadi, hendaklah cari terlebih dahulu kebenaranya. Mari simak penjelasan berikut.

KANDUNGAN MATERIAL DALAM PASTA GIGI

Hampir semua pasta gigi memiliki kandunga triclosan di dalamnya. Triclosan itu sendiri merupakan bahan anti bakteri yang banyak digunakan juga dalam pembuatan sabun mandi, deodoran, dan obat jerawat. Karena hal ini, mungkin mereka menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat mereka. Berkaitan dengan pasta gigi sebagai obat untuk menghilangkan jerawat, berikut pernyataan dari dr. Rebbeca Baxt dan dr. Neal Schultz, dokter kulit yang berdomisili di kota New York, Amerika Serikat.

“Pasta gigi mengandung bahan tertentu, seperti baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, mentol, minyak esensial, dan triclosan, yang menyebabkan jerawat mengering”. Kata dr. Neal Schultz. Namun, dia juga mencatat bahwa di dalam pasta gigi tidak ditemukan adanya bahan yang membuat pasta gigi lebih efektif dalam mengobati jerawat, dibandingkan dengan obat jerawat pada umumnya.

Sementara menurut dr. Rebbeca Baxt, berikut penuturannya “Pasta gigi justru dapat mengiritasi kulit, walaupun sebagian orang percaya bahwa pasta gigi dapat mengeringkan jerawat. Namun yang sebenarnya terjadi adalah pasta gigi tersebut menimbulkan iritasi, membuat jerawat semakin memerah, serta memicu pengelupasan pada kulit”.

Banyak informasi yang beredar di masyarakat kalau pasta gigi mampu untuk menjadi cara menghilangkan jerawat dengan cepat, sudah banyak yang mencoba ternyata banyak juga yang berhasil namun tidak sedikit pula yang mengatakan cara ini tidak berhasil. Di balik kontroversinya banyak juga yang menentang cara menghilangkan jerawat yang satu ini, terutama para dokter kulit dan dermatologis menjadi orang yang paling keras menentang, mengapa demikian? Yuk kita ulas secara mendetail di artikel ini.

Benarkah pasta gigi bisa menghilangkan jerawat?

Sebelum menjawab itu mari kita ulas apa saja bahan yang terkandung di dalam pasta gigi. Pasta gigi pada umumnya mengandung beberapa bahan aktif seperti baking soda, hydrogen peroxide, alcohol, menthol, essential oils, triclosan. Bahan-bahan tersebut berguna sebagai antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri, membersihkan kototran dan juga memutihkan gigi.

Nah seperti yang di sebutkan di atas pasta gigi ternyata juga memiliki kandungan yang berguna untuk melawan jerawat di wajah kita, karena penyebab utama dari jerawat adalah adanya peradangan dan infeksi di kulit kita yang di sebabkan oleh bakteri. Tidak ketinggalan bahan yang di kandung dalam pasta gigi ternyata bersifat menarik air ke dalamnya, karena alasan itulah kenapa pasta gigi bisa menghilangkan jerawat dengan cepat dengan cara mengeringkannya.

Cara Perawatan Jerawat dengan Pasta Gigi

Memencet atau mengeluarkan kotoran dari jerawat sering dianggap sebagai cara yang paling aman untuk menyembuhkan jerawat. Namun cara ini ternyata salah dan bisa menyebabkan jerawat bertambah parah. Tangan yang kotor mungkin akan menambah bakteri pada jerawat dan bisa menyebabkan infeksi. Selain itu kotoran jerawat juga bisa menularkan bakteri sehingga muncul lebih banyak jerawat.

Jika Anda merasa putus asa untuk menyembuhan jerawat, maka ada cara yang lebih mudah yaitu memakai pasta gigi. Cara ini sudah dipakai sejak lama sebelum banyak orang mengenal perawatan jerawat yang mahal. Namun, apakah perawatan jerawat dengan pasta gigi memang aman dan ampuh. Berikut ini adalah bukti bahwa pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat.

1.Pasta gigi akan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Hal ini disebabkan karena pasta gigi mengandung berbagai macam bahan kimia seperti senyawa minyak esensial, bahan menthol, hidrogen peroksida dan triclosan.
2.Pasta gigi mengandung baking soda yang bisa menyembuhkan luka bekas jerawat dan menghilangkan jerawat tanpa bekas. Perawatan dengan baking soda sudah lama digunakan sejak jaman dahulu.
3.Pemakaian pasta gigi yang tidak berlebihan pada jerawat juga bisa menyebabkan matinya bakteri penyebab jerawat.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat