Menu Makanan Sahur Yang Sehat di Bulan Ramadhan

Menu Makanan Sahur Yang Sehat di Bulan Ramadhan

Menu Makanan Sahur yang Sehat di Bulan Ramadhan

Menu makanan sehat di bulan Ramadhan – Makanan yang sehat kala sahur sangat diperlukan agar bisa menjadi cadangan energi selama jam puasa. Pemilihan makanan untuk sahur yang sehat dan penuh gizi sangat penting untuk dilakukan. Di antaranya adalah makanan yang terdiri dari sumber karbohidrat, buah-buahan dan sayuran serta sumber protein. Ada beberapa ide menu sahur yang praktis namun tetap sehat serta memenuhi kebutuhan gizi harian. Berikut adalah ragam inspirasi menu sahur yang bisa jadi pilihan.

Roti Sandwich Untuk Sahur

  1. Roti Sandwich

Pertama, kita bisa mencoba makan sahur dengan roti sandwich. Menu ini termasuk praktis serta sehat. Pilih roti gandum sebagai bahan pembuatan sandwich yang sehat serta memenuhi kebutuhan karbohidrat selama berpuasa. Sementara sumber protein dalam menu ini bisa dipenuhi oleh tambahan sosis dan telur. Sumber mineral serta vitaminnya bisa didapat dari selada, tomat serta timun. Pelengkap roti sandwich yang sehat adalah segelas susu hangat. Sajian ini bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian berkat kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Jika memakan sandwich dan susu saja belum terasa kenyang, kita bisa menambahkan aneka buah seperti apel, pisang, mangga dan lain-lain setelah mengonsumsi sandwich.

makanan untuk buka puasa mie goreng sayur

  1. Mie Goreng Sayuran

Mie goreng tidak hanya lezat sebagai makanan untuk buka puasa, tapi bisa juga dijadikan menu sahur sehat. Tentu saja olahan mie di sini bukanlah mie instan dalam kemasan, melainkan mie yang dimasak bersama aneka sayur. Mie sendiri adalah sumber karbohidrat karena terbuat dari gandum. Masukkan aneka sayur saat memasak mie, seperti wortel, sawi serta kol. Untuk menambah rasa, kita bisa memasukkan bakso, telur, ayam suwir serta sosis. Ragam seafood juga akan menjadikan mie goreng ini semakin lezat. Menu sahur berupa mie goreng sayuran akan memberi nutrisi lengkap serta menyehatkan.

menu makanan sahur Oatmeal buah dan sayur

  1. Oatmeal dengan Tambahan Buah atau Sayuran

Oatmeal ialah sumber karbohidrat kompleks yang sehat. Masukkan potongan buah atau sayuran dalam oatmeal agar lebih mengenyangkan dan sehat. Kita juga bisa menambahkan aneka protein hewani seperti daging ayam maupun telur. Hidangan ini akan menjadi semakin sehat dan lezat.

menu makanan sahur Salad Sehat

  1. Salad Sehat

Menu sahur yang praktis namun tetap sehat berikutnya adalah salad. Salad merupakan campuran aneka sayur yang tentunya akan memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, lemak, protein, mineral serta vitamin. Kita bisa membuat salad dari kentang, ikan tuna, selada merah, tomat serta timun. Tambahkan mayonaise atau minyak zaitun sebagai dressing.

Itulah ragam menu sahur yang bisa dipilih karena memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa dan tetap terasa lezat di lidah. Kita juga bisa melengkapi menu sehat ini dengan cemilan sehat setelah buka puasa. Menjaga pola makan saat menjalankan ibadah puasa tentu tetap wajib untuk dilakukan agar tubuh senantiasa sehat.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now