Menu Sederhana Untuk Sarapan Pagi

Menu Sederhana Untuk Sarapan Pagi

Ini Pentingnya Sarapan Pagi sebelum Mulai Beraktivitas

Bagi beberapa orang pasti berpikir bahwa tidak makan pagi atau sarapan pagi akan membantu menurunkan badan. Selain itu, apa pula yang beranggapan jika makan di pagi hari akan menjadi cepat ngantuk. Untuk itu beberapa orang ada yang menghindari makan di pagi hari. Namun, hal tersebut justru tidak dibenarkan di bidang kesehatan. Sebenrarnya semuanya hanya tergantung pada pola makannya dan pilihan makannya yang biasa dikonsumsi di pagi hari. Jika anda menjaga pola makan dengan baik maka hal yang dikhawatirkan tidak akan terjadi.

Sarapan pagi sebenarnya merupakan komponen penting dalam menjalankan pola hidup sehat. Namun kebanyakan orang justru meninggalkan sarapan. Banyak alasan yang menjadi andalan untuk meninggalkan sarapan di pagi hari. Sebenarnya untuk dapat tetap melakukan sarapan, yang dibutuhkan adalah sebuah niat dari hati untuk bangun lebih awal dan menyiapkan sarapan di pagi hari. Padahal banyak menu-menu makanan yang dapat disajikan dalam waktu kurang lebih 10 menit saja.

Apakah anda tahu apa saja manfaat sarapan pagi ini? Sarapan di pagi hari biasanya tidak anda lakukan itu sebenarnya sangat penting bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat sarapan di pagi hari yang perlu anda tahu, yaitu :

1. Bagi anda orang dewasa yang membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari, maka akan mendapatkan seperti layaknya bahan bakar untuk tubuh. Usahakan anda rutin untuk rutin sarapan sehat, agar tubuh anda memperoleh mineral dan vitamin dengan optimal. Maka, dengan sendirinya anda akan memperoleh berat badan yang terkontrol, serta mempunyai kualitas kerja di dalam tubuh yang lebih baik.

2. Sarapan juga sangat penting untuk anak-anak. Membiasakan anak-anak anda dengan sarapan sehat dengan rutin akan mendukung adanya proses tumbuh kembang pada tubuh dan otak. Selain itu, sarapan juga mampu meningkatkan daya piki atau konsentrasi anak ketika belajar.

Berikut menu-menu sarapan di pagi hari yang dapat dijadikan referensi untuk disiapkan setiap pagi.

Sereal

Sereal yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap dapat menjadi menu sarapan pagi Anda karena dalam penyajiannya tidak membutuhkan waktu lama. Cukup dikombinasikan dengan youghurt atau dengan susu rendah lemak sudah siap untuk dinikmati.

Telur

Kreasi olahan telur juga dapat memenuhi gizi Anda untuk beraktifitas, karena telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Kreasi olahan telur yang dapat dibuat dengan cepat yaitu dengan membuat telur mata sapi, telur rebus, dan telur orak arik. Dalam penyajiannya juga dapat dikombinasikan dengan roti tawar.

Roti

Roti juga dapat dijadikan menu pilihan ketika akan menyiapkan menu sarapan di pagi hari, selain dioleskan dengan selai kesukaan dan margarin juga roti dapat dipanggang dengan tambahan buah.

Oatmeal
Oatmeal juga sangat baik untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari karena sudah cukup mengandung kandungan gizi yang lengkap untuk aktifitas sehari-hari.

Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Diet

Sarapan pagi adalah kegiatan penting yang seharusnya dilakukan setiap hari sebelum melakukan aktifitas di luar rumah. Namun, sampai saat ini banyak orang yang masih menghindari sarapan dengan alasan takut jika berat badan akan cepat bertambah dan ada pula yang malas untuk menyiapkan sarapannya. Padahal jika anda ketahaui, sarapan adalah waktu makan yang terpenting karena dapat menambahkan  energi atau stamina sebelum melakukan aktifitas. Bagi anda yang sedang melakukan program diet bisa tetap melakukan sarapan dengan menu sehat tentunya. Dengan memilih makanan yang sehat untuk sarapan, anda akan tetap memperoleh tubuh yang ideal dan berat badan anda akan tetap terkontrol jika caranya benar.

menu sarapan pagi untuk program diet

Untuk melakukan sarapan pagi yang sehat.

Anda hanya perlu memilih makanan sehat selama anda melakukan program diet. Beberapa makanan sehat tersebut yaitu:

  • Buah-Buahan
    Selama program menurunkan badan atau diet, anda dianjurkan harus seing-sering mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan ini sangatlah baik untuk menu diet sehat anda. Untuk menu sarapan, konsumsi buah dengan dijadikan sebagai minuman atau dipotong kecil-kecil, dan dimakan setelah makanan utama.
  • Oatmeal,Oatmeal merupakan makanan yang sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat anda. Oatmeal ini sangat bagus untuk menyerap lemak dan mengandung banyak serat di dalamnya. Untuk memakan oatmeal, anda dapat menambahkan buah-buahan, sayuran, dan susu yang rendah lemak sebagai nutrisinya.
  • Ikan, Ikan juga sangat baik untuk dikonsumsi pada saat anda sarapan. Ikan adalah makanan diet yang mengandung banyak protein serta omega 3 yang sangat baik untuk tubuh.
  • Daging Tanpa Lemak
    . Menu sarapan sehat untuk diet lainnya adalah daging tanpa lemak. Anda masih bisa mengkonsumsi daging tetapi hanya bagian dagingnya saja yang tidak mengandung lemak. Pilihlah daging ayam bagian dada untuk dijadikan sebagai lauk menu sarapan sehat anda.

Itulah menu sarapan pagi untuk program diet atau menurunkan berat badan.

Nah, itulah beberapa hal dan manfaat pentingnya sarapan pagi yang harus anda tahu. Biasakan diri anda untuk mulai melakukan sarapan sehat dengan menu makanan dari. Untuk memulai hidup sehat, cobalah untuk menghindari makanan instan di pagi hari. Karena makanan instan biasanya mengandung banyak kandungan gula atau memiliki kandungan garam yang tinggi, sehingga tentu saja itu akan mengganggu proses dalam program hidup sehat yang anda lakukan. Jangan sampai niat anda  untuk menjaga kesehatan dengan sarapan justru akan menjadi kebiasaan yang buruk dengan mengkonsumsi makanan-makanan instan. Mari biasakan sarapan di pagi hari dengan sarapan yang sehat.




WhatsApp chat