pengertian alat pembayaran

Pengertian Alat Pembayaran dan Perkembangannya

Pengertian Alat Pembayaran dan Perkembangannya

Kegiatan ekonomi atau lebih spesifiknya kegiatan jual beli sudah sejak dulu dilakukan oleh masyarakat. Dulu sistem pembayaran yang dilakukan masih berupa barter atau menukar barang dengan barang. Namun seiring berjalannya waktu diciptakanlah suatu alat pembayaran untuk memudahkan kegiatan ekonomi tersebut. Alat pembayaran yang digunakan misalnya seperti uang logam. Digunakannya logam masih tetap menghadapi kesulitan karena kebutuhan akan uang logam meningkat sementara jumlah logam mulia terbatas. Maka selanjutnya dikembangkan kembali alat pembayaran yang lebih mudah digunakan seperti uang kertas. Walaupun awalnya uang kertas yang beredar merupakan bukti kepemilikan atas emas. Perkembangan alat pembayaran masih berlanjut hingga saat ini. Dari uraian di atas tentu sudah bisa kita simpulkan apa itu pengertian alat pembayaran.
Pengertian alat pembayaran merupakan benda yang menurut hukum harus diterima sebagai alat untuk membeli barang dan jasa. Itulah pengertian alat pembayaran secara singkat. Pembayaran sendiri merupakan salah satu kegiatan utama dalam kegiatan ekonomi. Alat pembayaran memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan jual beli. Dalam kegiatan pembayaran, uang menjadi alat pembayaran utama hingga saat ini. Sejarah alat pembayaran tidak bisa lepas dari uang yang telah mengalami berbagai perubahan. Di Indonesia saja sejak dulu uang telah berganti-ganti. Dari digunakannya uang logam kemudian banyaknya uang pecahan dari yang bernilai kecil hingga bernilai besar. Kemudian saat ini pecahan kecil seperto 50 rupiah telah hilang dan sebagainya.
Kini, bukan hanya uang saja yang menjadi alat pembayaran. Telah banyak muncul alat pembayaran lainnya yang dianggap lebih memudahkan. Uang tunai tetap menjadi alat pembayaran utama. Namun selain itu muncul dan digunakan pula alat pembayaran lain seperti cek dan bilyet giro. Perkembangan selanjutnya, alat pembayaran yang lebih baru lagi adalah kartu ATM/kartu debet dan kartu kredit. Alat pembayaran elektronik lainnya pun kemudian muncul. Salah satunya adalah layanan Dompetku Plus. Dompetku Plus merupakan suatu layanan elektronik money atau e-money yang dimiliki oleh Indosat Ooredoo. Jika pengertian alat pembayaran menyatakan bahwa alat pembayaran harus diterima secara hukum, maka Dompetku Plus telah memenuhinya karena alat pembayaran modern ini telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sejak tahun 2008. Dompetku Plus dapat diguankan untuk berbagai kegiatan seperti belanja online, membayar tagihan, transfer, mengisi pulsa, hingga pengiriman uang melalui ponsel.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now