Nafsu Makan Anak Berpengaruh Terhadap Perkembangan Anak
Search
perkembangan anak

Nafsu Makan Anak Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pemberian asupan makanan pada anak memang seringkali terjadi dan menjadi masalah bagi para orangtua ataupun pengasuh anak. Keluhan susahnya memberi makan pada anak sering diungkapkan oleh para orangtua saat konsultasi ke dokter anak. Faktor susah makan pada anak dialami oleh sekitar 20-25% pada umur anak, jumlah tersebut meningkat pada anak yang lahir prematur atau memiliki penyakit kronis sekitar 40-70 %. Selain kesulitan makanan pada anak, ada juga anak yang cenderung picky eater atau pilih-pilih makanan. Anak picky eater biasanya mudah makan hanya dengan makanan yang ia sukai. Padahal nafsu makan ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

Susah makan yang sering terjadi dan berlangsung dalam waktu yang lama seringkali dianggap hal biasa oleh para orangtua, banyak orangtua yang membiarkan anaknya menjadi susah makan atau picky eater. Hal ini biasa disebabkan karena anak tidak terbiasa memakan beraneka makanan sejak berusia bayi atau hanya diberikan makanan yang berjenis sama. Padahal jika dibiarkan, susah makan atau picky eating dapat mengganggu tumbuh kembang anak karena tidak tercukupi nya zat nutrisi tertentu.

Agar tumbuh kembang anak usia dini tetap berjalan dengan baik, banyak cara yang dilakukan oleh para orangtua untuk mengatasi kedua masalah tersebut. Hal yang biasa orangtua lakukan adalah dengan pemberian suplemen penambah nafsu makan atau suplemen multivitamin agar anak tetap tercukupi kebutuhan vitamin dan mineral nya. Namun, penting bagi para orangtua untuk diperhatikan, pemberian suplemen ini harus disesuaikan dengan usia anak dan tidak boleh berlebihan. Beberapa zat tambahan seperti pemanis dan pengawet buatan biasanya terkandung dalam suplemen-suplemen tersebut.

 tumbuh kembang anak usia dini

Menginjak usia tertentu, anak memang sesekali mengalami kesulitan makan atau menjadi picky eater. Kesulitan makan bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menurunnya nafsu makan.
  • Gangguan fungsi saluran pernafasan.
  • Gangguan oral motorik atau gangguan pada proses makan.
  • Gangguan psikologis yang dipengaruhi lingkungan sekitar.
  • Kelainan genetic.
  • Penyakit tertentu seperti Tuberkulosis (TBC).Anak tidak terbiasa diberi jenis makanan lain saat bayi.
Namun permasalahan makan yang terjadi pada anak dapat diatasi dengan pemberian susu formula S-26 NutriSure Gold yang diformulasikan khusus sebagai nutrisi pendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, yaitu mulai dari 1 hingga 10 tahun yang bermasalah pada makan. Susu ini di integrasi dengan formula Wyeth Biofactor System yang memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti makronutrien (karbohidrat, lemak dan protein), mikronutrien (12 vitamin serta 6 mineral dan 9 mikronutrien yang lain) dan juga kandungan AA dan DHA yang berperan penting dalam perkembangan sel otak anak.

google.com, pub-1926864979083785, DIRECT, f08c47fec0942fa0



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now