Jalani Pola Hidup Sehat

Jalani Pola Hidup Sehat dg Rutin Olahraga & Aktifitas Fisik

Pola Hidup Sehat dg Rutin Olahraga

Kesehatan sangatlah penting untuk dijaga sejak dini. Tidak harus menunggu sakit baru kesehatan dijaga. Semua orang tentunya sudah memahami bahwa terserang penyakit adalah hal yang sangat tidak menyenangkan bukan ? Ketika anda sakit, akan banyak aktivitas yang tidak bisa anda lakukan. Nah, oleh sebab itulah menjaga pola hidup sehat harus bisa dilakukan sejak dini. Makanan memang menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, bukan cuman itu saja. Olahraga dan juga aktivitas fisik pun tidak kalah penting dari itu. Dengan bisa menjalani olahraga secara rutin, kita bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung, stroke, kanker lambung, diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis, obesitas ataupun penyakit lainnya. Dengan olahraga dan aktivitas fisik, kita juga bisa mengendalikan berat badan untuk lebih stabil, menurunkan stress juga depresi.
Olahraga yang ideal untuk dilakukan adalah minimal 30 menit olahraga aerobik paling tidak 5 hari dalam satu minggu. Kemudian titambah dengan sesi olahraga latihan beban untuk mempertahankan massa otot. Untuk latihan beban paling tidak seminggu 3 kali cukup. Nah, mengatur pola hidup sehat bukan cuman dengan olahraga saja, imbangi dengan aktivitas fisik yang juga teratur. Aktivitas fisik seperti apa ? Berjalan kaki ataupun naik turun tangga adalah yang paling simple. Mari kita mengenal beberapa aktivitas fisik maupun olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Pertama adalah olahraga aerobik atau juga bisa disebut sebagai kardio. Jenis olahraga ini punya manfaat untuk membakar lemak yang berlebih pada tubuh. Bahkan juga bisa menjadikan kinerja jantung dan paru-paru lebih baik lagi. Contoh dari olahraga aerobik antara lain adalah badminton, basket, futsal, tenis, jogging, berenang, bersepeda dan yang lainnya atau juga aktivitas sehari-hari seperti menyapu dan mengepel lantai, berkebun, memasak dan lain sebagainya yang kiranya membuat anda bergerak sehingga berkeringat. Kemudian estimasi waktunya sebegai contoh seperti ini : dalam sehari paling tidak sempatkan 30 menit untuk olahraga. Misalkan pagi hari jogging selama 15 menit, kemudian di sore hari futsal misalnya. Lakukan secara bertahap dan meningkat. Mungkin untuk seminggu ini 30 menit, meningkat di minggu depan menjadi 40 menit, meningkat lagi 1 jam, dan lain-lain. Langkah demikian ini wujud besar dalam membangun pola hidup sehat.

Sementara bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, alangkah baiknya waktu berolahraga dapat anda tingkatkan misalnya 60 menit sampai dengan 60 menit. Nah, lantaran olahraga dan aktivitas tidak cukup sekali saja dilakukan, maka dari itu paling tidak lakukanlah minimal 5 kali dalam seminggu. Selain itu, imbangi dengan makanan dan minuman yang rendah lemak. Misalkan mengonsumsi susu rendah atau tanpa lemak.

Selain olahraga aerobik, olahraga dan aktivitas fisik untuk melatih massa otot pun tidak kalah penting. Olahraga otot memang estimasi waktunya dapat lebih sedikit ketimbang aerobik. Untuk anda yang memang sudah berusia lanjut, olahraga otot tidak terlalu disarankan, yang terpenting adalah tetap rutin olahraga aerobik dengan mengimbangi bersama konsumsi makanan yang teratur. Supaya program membangun pola hidup sehat bisa sukses terjalani, lakukanlah olahraga-olahraga yang menyenangkan untuk anda. Bisa berangkat dari hobi anda serta bisa divariasikan setiap saat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat