Pola Makan Penderita Diabetes Sesuai Anjuran Dokter

Pola Makan Penderita Diabetes Sesuai Anjuran Dokter

Pola Makan Penderita Diabetes

Pola Makan Penderita Diabetes Sesuai Anjuran Dokter

Kebiasaan salah dalam mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit seperti hipertensi, jantung bahkan diabetes. Bagi mereka yang mengidap penyakit kronis tersebut tidak bisa bebas mengkonsumsi makanan seperti orang sehat pada umumnya, apalagi bagi penderita diabetes yang mana kadar gula darah cepat naik apabila tidak mengontrol makanan.

Polamakan penderita diabetes sebenarnya sama saja dengan makanan diet sehat. Intinya segala sesuatu makanan dengan gizi berimbang dan menyehatkan itulah yang harus dikonsumsi oleh penderita penyakit kencing manis tersebut. Pola makan yang baik haruslah berdasarkan anjuran dari dokter,berikut ulasannya.

Inilah Jenis Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Makan buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk penderita diabetes karena mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral serta zat zat yang dibutuhkan tubuh. Minum jus tomat di pagi hari sangat baik untuk mengontrol kadar gula atau bisa juga makan sayur dan buah segar sebagai camilan yang menyehatkan.

Asupan kalori harian bagi penderita diabetes juga perlu dibatasi yakni sebesar 1000 hingga 1800 kkal dalam sehari dengan dibagi menjadi 3 bagian yaitu 40 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 30 persen lemak. Karbohidrat lebih dianjurkan berasal dari gandum karena lebih menyehatkan serta mengandung serat makanan yang tinggi, sementara itu lemak lebih baik berasal dari kacang kacangan dan minyak zaitun yang dapat menyehatkan sisten kardiovaskular.

Penyakit diabetes bukan berarti harus menjauhi semua gula dan makanan manis, anda tetap boleh konsumsi makanan manis namun dianjurkan menggunakan gula rendah kalori supaya lebih aman. Hindari minuman bersoda dan mengandung alkohol, lebih baik mengantikan-nya dengan minum air putih yang banyak atau minum jus buah buahan.

Demikianlah pola makan penderita diabetes sesuai dengan anjuran dokter, pola makan seperti diatas sebaiknya diterapkan selagi masih sehat supaya dapat terhindar dari bahaya penyakit diabetes serta penyakit kronis lainnya.

Jika sudah terlanjur terserang penyakit kronis, maka untuk mengembalikan kesehatan seperti sediakala memerlukan biaya yang besar, oleh karena itu sedapat mungkin hindari berbagai penyakit dengan menerapkan pola hiidup sehat dan bergabung dengan asuransi sebagai investasi kesehatan anda di masa yang akan datang.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Now