Kelebihan Qurban Online Dibanding Cara Qurban Biasa

Kelebihan Qurban Online Dibanding Cara Qurban Biasa

Kelebihan Qurban Online Dibanding Cara Qurban Biasa

Hari raya Idul Adha datang tinggal menghitung hari saja. Segala persiapan di masjid, di tempat penyembelihan hingga banyak juga tersedia lapak jual hewan qurban di pinggir jalan demi menarik minat para pembelinya. Ya, berqurban merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Anda bisa memilih hewan qurban yang akan disembelih nantinya mulai dari sapi, kambing, domba hingga unta. Namun di Indonesia sendiri yang paling umum dipergunakan untuk berqurban adalah sapi dan kambing.

Qurban Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini berqurban pun juga bisa dilakukan secara online. mungkin terdengar aneh untuk beberapa orang, namun qurban online ini memang ada dan bahkan sudah dijalankan selama beberapa tahun belakangan. Mekanisme dari berqurban secara online ini adalah dengan mendonasikan dana senilai dengan harga hewan qurban yang dipilih dan ditetapkan oleh lembaga qurban tersebut. Nantinya pihak lembaga yang akan membelanjakan uang tersebut dalam bentuk hewan qurban lalu disembelih di sana dan dibagikan secara merata kepada orang-orang yang membutuhkan.

Dengan cara ini, maka kemudahan pun bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa kelebihan qurban secara online dibanding berqurban cara biasa:

  • Dalam berqurban secara online, Anda bisa menemukan harga jual hewan qurban yang lebih murah di pasaran. Hal ini lantaran beberapa lembaga telah memiliki ternak sendiri sehingga bisa memungkinkan memberikan harga murah bagi Anda yang ingin berqurban. Bahkan tanpa Anda perlu menawar harga, harga dari hewan qurban yang dijual sudah lebih murah dibanding di pasaran.
  • Anda bahkan bisa memilih untuk bisa menyembelih sendiri atau disembelihkan dan langsung dibagikan oleh lembaga tersebut.
  • Penyaluran daging qurban dalam qurban secara online ini lebih luas dan menyeluruh sehingga lebih dapat tersampaikan secara maksimal kepada orang yang membutuhkan. Bahkan beberapa lembaga dapat membagikan daging qurban ini tidak hanya di pelosok negeri saja, namun hingga ke luar negeri di negara miskin yang membutuhkan.
  • Anda tidak perlu repot mengurus qurban karena semuanya telah diserahkan sepenuhnya kepada pihak lembaga yang bersangkutan.

Pasti banyak diantara Anda yang ragu terkait hukum dari qurban secara online ini. berdasarkan pendapat ulama, tidak ada yang melarang adanya qurban secara online ini karena belum ada keterangan yang jelas sehingga tetap diperbolehkan. Dengan adanya kemudahan dalam berqurban, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak berqurban ketika Idul Adha. Namun jika Anda masih sulit dalam berqurban lantaran kurang dapat berkomitmen untuk menyisihkan uang, maka Anda juga bisa ikut beberapa program tabungan qurban yang disediakan oleh lembaga qurban tersebut sehingga di Idul Adha tahun depan Anda bisa berkesempatan untuk berqurban.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat